News Event

Tembakan Francis di Sisa 10 Detik Selamatkan Prawira

06 July 2023
|

Brandone Francis berhasil menyelamatkan Prawira Harum Bandung. Sebab, dengan predikat sebagai tim urutan pertama di klasemen akhir liga, mereka tentu malu kalau dikalahkan oleh Bumi Borneo Basketball Pontianak, di Game 1 IBL Tokopedia Playoffs 2023, Kamis (6/7). Francis memasukkan poin di sisa 10 detik terakhir untuk membawa Prawira menang 79-78. Dengan kemenangan tersebut, maka mereka mencuri satu kemenangan tandang dan unggul 1-0 atas Bumi Borneo. 

Bumi Borneo tertinggal 40-46 di babak pertama. Namun mereka justru semakin terbenam di kuarter ketiga, setelah Prawira menunjukkan keunggulannya dalam tembakan tiga angka. Prawira memasukkan empat tembakan three point. Sehingga di kuarter ketiga, mereka memimpin dengan skor 66-56. Kali ini tekanan justru ada di publik tuan rumah. 

Namun yang terjadi di kuarter keempat membuat pendukung Bumi Borneo kembali bersemangat. Bumi Borneo melaju 10-0 untuk menyamakan kedudukan menjadi 66-66. Ketegangan terjadi setelah skor sama kuat. Karena kedua tim kini punya kesempatan yang sama untuk memenangkan pertandingan. 

Head coach Prawira David Singleton, memasukkan Brandone Francis di menit-menit terakhir. Dia benar-benar mengendalikan serangan Prawira. Francis membuat Prawira unggul 77-76. Namun Randy Bell membalikkan keadaan dengan dua kali free throw. Situasi seketika berubah saat Brandone Francis mengeksekusi tembakan terakhir di sisa 10 detik. Tembakan tersebut membawa mereka menang 79-78, di kandang Bumi Borneo.  

Brandone Francis mencetak 35 poin di tambah enam rebound, dengan akurasi tembakan 13 dari 22 attempt. Francis bermain selama 23 poin, dan sangat merepotkan pertahanan Bumi Borneo. Di bawahnya, ada Jarred Shaw yang menyumbang 20 poin dan 11 rebound. Sebaliknya dari Bumi Borneo, Agam Subastian tampil sebagai top score dengan 22 poin. Diikuti Wisnu Budidharma (14 poin), Randy Bell (12 poin), dan Calvin Chrissler (11 poin). 

"Saya merasa kedua tim sangat kuat, karena ini playoffs. Ini adalah pertandingan yang saya inginkan," kata Brandone Francis. "Sampai jumpa di Bandung, karena kami menginginkan 2-0."

Francis tampak senang dengan persaingan kedua tim yang luar biasa. Namun dirinya berpegang teguh pada target Prawira, yang ingin menyapu bersih di putaran pertama ini. Sehingga Francis ingin meraih kemenangan di pertemuan kedua. Game 2 antara Prawira melawan Bumi Borneo akan diselenggarakan di C-Tra Arena, Bandung. (*)

Baca Juga: Prawira Panggil Brandone Francis Lagi

0 Comments