Tanpa Naturalisasi Tetap Targetkan Perak di SEA GAMES 2019


Oct 23, 2019

Tim nasional putra Indonesia hampir dipastikan tak akan diperkuat pemain naturalisasi pada SEA Games 2019. "Waktunya mepet. Lester Prosper baru datang pekan ini. Kami akan sepenuhnya dengan pemain lokal," kata manajer timnas, Maulana Fareza Tamrella. 

Meski tanpa pemain naturalisasi,  timnas tetap menargetkan meraih medali perak. " Kami ingin paling tidak mempertahankan prestasi meraih medali perak seperti dua SEA Games sebelumnya," tutur Mocha, sapaannya.

Untuk ajang multi cabang seperti SEA Games setiap tim basket boleh diperkuat sebanyak mungkin pemain naturalisasi. "Thailand kabarnya akan menurunkan tiga pemain naturalisasi mereka," ujarnya.

Sementara untuk kejuaraan yang digelar oleh FIBA, setiap negara hanya boleh diperkuat oleh satu pemain asing. Diharapkan proses naturalisasi Lester Prosper bisa segera beres sehingga dia bisa bermain pada Kualifikasi FIBA Asia 2021 yang window pertama akan berlangsung Februari nanti.

Indonesia disyaratkan harus berprestasi pada FIBA Asia 2021 untuk bisa tampil dalam FIBA World Cup 2023 di Indonesia, Jepang dan Filipina.