Tangerang Hawks Membangun Karakter di Dalam dan di Luar Lapangan


Sep 16, 2021

Pecinta bolabasket Tangerang kini boleh senang. Tangerang akan memiliki wakil dalam Kompetisi IBL 2022. Sambutlah salah satu pendatang baru Indonesian Basketball League, Tangerang Hawks.

Tangerang Hawks Basketball Club adalah transformasi dari The Hawk yang sudah berdiri sejak 2013. The Hawk, memiliki konsep dasar persiapan landasan pembinaan. Pembinaan tersebut diterapkan pada usia muda dalam mempersiapkan rencana jangka panjang untuk bermain di liga profesional tertinggi di Indonesia baik putra maupun putri.  

“Kami ingin menjadi salah satu klub bola basket profesional terbaik di Indonesia yang memiliki karakter baik di dalam maupun di luar lapangan,” kata Presiden Klub Tangerang Hawks, Iskandarsyah Rama Datau.

“Kami juga ingin memberi wadah kepada generasi muda Tangerang untuk menjadi atlet bola basket profesional,” lanjutnya. Selain itu, Hawks akan mendorong semua atletnya berpacu dalam prestasi agar bisa menjadi pemain tim nasional Indonesia.

Hawks juga telah memiliki infrastruktur bagus untuk menunjang prestasi mereka. Klub ini sudah memiliki gedung latihan sendiri. Home ground mereka adalah Indoor Stadium Sport Center Kabupaten Tangerang.

Stadion basket ini berkapasitas tiga ribu orang dengan luas 6.340 m2 dengan fasilitas ruang ganti dan toilet, ruang VIP, ruang serba guna, loket area dan area parkir.Lantai lapangan mereka akan disesuaikan dengan standar FIBA.

Hawks juga sudah melakukan pembinaan pemain muda mulai dari kelompok umur 9 hingga 18 tahun. “Tahun pertama di IBL, selain renovasi home ground, kami juga akan membuka basketball academy serta menggelar kompetisi Kelompok Umur dan 3X3 sebagai langkah pembinaan sekaligus aktivasi sponsor,” tutur Rama.

Pada tahun kedua, sasaran yang diincar membentuk tim untuk kompetisi divisi di daerah dan membentuk tim 3X3 serta tetap menjalan kompetisi KU dan 3X3. “Tahun ketiga kami akan melakukan kerjasama pembinaan dengan negara-negara bolabasket di Asia seperti Jepang dan Filipina,” jelas Rama.

Tahun keempat dan kelima, Hawks berencana melakukan training center di luar negeri, serta membawa tim 3X3 mereka berkompetisi di luar negeri.

"Kami optimis bisa memberi warna baru pada Kompetisi IBL mendatang," tegas Rama.