Sulawesi Utara Siap Hadapi Tekanan DKI Jakarta


Oct 08, 2021

Sulawesi Utara mencetak sejarah dengan lolos final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Tapi lawan yang dihadapi di partai puncak tidak mudah, yakni tim DKI Jakarta. Sulut tidak akan gentar menghadapi tekanan tim ibukota. 

Sulut sendiri baru merasakan atmosfer final setelah sekian lama mengikuti ajang empat tahunan tersebut. Tapi pihak Sulut mengakui bahwa perjuangan mereka selama ini tidak mudah. Lawan-lawan yang dihadapi luar biasa seperti Bangka Belitung, Jawa Timur, Bali, Papua, dan terakhir Jawa Tengah. 

Sementara di partai final nanti, Sulut akan berhadapan dengan tim DKI Jakarta yang punya roster terbilang mewah dengan pemain-pemain yang pernah merasakan persaingan liga. Sebaliknya, Sulut sendiri juga punya pemain-pemain IBL, seperti Luis Jovan Golung dan William Pontoh. Meski di liga mereka jarang tampil, tapi potensi mereka ternyata luar biasa. 

Pelatih Roland Lengkong dalam press conference menyatakan kalau fokusnya kali ini membuat pemain merasa nyaman. Recovery menjadi hal yang paling penting sehari jelang pertandingan. 

"Saya ingin pemain merasa nyaman dulu. Recovery jadi hal paling penting saat ini. Saya ingin mereka mengeluarkan semuanya di laga final nanti," katanya. 

Ronald sendiri mengaku sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi Jakarta. Terutama mengatasi kelemahan mereka sendiri, khususnya dari sisi kekuatan di paint area. 

"Sudah jelas bahwa pemain kami rata. Sementara Jakarta punya pemain-pemain yang bagus di paint area. Tapi kami sudah siapkan strategi untuk menghadapi mereka. Intinya, fisik anak-anak harus siap," imbuhnya. 

Sulut punya keunggulan di fisik yang prima. Terbukti dalam beberapa laga, mereka bisa membalikkan keadaan di kuarter keempat. Seperti ketika menang melawan Jawa Tengah. Pertahanan jadi andalan Sulut di partai final nanti.   

 

Credit Foto : Hari Purwanto