Skuad 3x3 Indonesia di SEA Games Diperkuat MVP dan Juara IBL


May 09, 2022

Gelaran SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam akan digelar mulai 12 Mei hingga 23 Mei 2022. Untuk cabang olahraga basket sendiri, Indonesia mengirimkan 4 tim, yang terdiri dari basket 5on5 putra-putri, dan 3x3 putra-putri. Untuk 3x3 putra skuad Indonesia diperkuat MVP dan pemain juara IBL. 

Empat pemain yang masuk roster 3x3 Indonesia untuk SEA Games nanti adalah Oki Wira Sanjaya (RANS PIK Basketball), Jamarr Andre Johnson (Dewa United Surabaya), Surliyadin Bali United Basketball Club), dan M. Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina Jakarta). Mereka ditargetkan membawa pulang medali SEA Games. Target yang wajar mengingat pada edisi sebelumnya, mereka berhasil membawa medali perak. 

Keempat pemain tersebut merupakan pemain-pemain papan atas di Indonesian Basketball League. Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bahkan tiga dari mereka berstatus pemain yang pernah menjuarai liga. Sebut saja Oki Wira yang pernah juara IBL 2018-19 bersama Stapac Jakarta. M. Sandy Ibrahim Aziz juga pernah juara bersama tim Satria Muda Pertamina Jakarta di musim 2021. 

Kalau Jamarr, tentu IBL Fans sudah hafal dengan daftar prestasinya. Jamarr pernah menjadi MVP IBL dua kali yakni di tahun 2016 dan 2021. Sementara untuk gelar juara, Jamarr berhasil menggondol trofi IBL di tahun 2016 bersama CLS Knights Surabaya, dan musim 2017-18 bersama Satria Muda. Jamarr sendiri pernah membela timnas Indonesia di beberapa kesempatan, termasuk di SEABA 2017 yang berakhir dengan membawa pulang medali perak. 

Jamarr juga pernah berseragam timnas Indonesia di ajang FIBA Asia Cup SEABA Pre-Qualifier tahun 2018. Di event tersebut, Jamarr membantu Indonesia menjadi juara. Kemudian di Test Event Asian Games dan Asian Games 2018 dia juga masuk timnas Indonesia. Kali ini Jamarr menjadi andalan di 3x3. 

Sementara satu pemain yang juga tak kalah berpengalaman adalah Surliyadin. Meski di liga dia belum mendapatkan gelar juara, namun Surliyadin termasuk dalam tim 3x3 Indonesia di SEA Games 2019, bersama Sandy dan Oki. Jadi Surliyadin merupakan salah satu pilar penting di tim ini. 

Sekedar mengingat pada SEA Games edisi 2019, tim 3x3 Indonesia kalah di final melawan tuan rumah Filipina. Sampai saat ini, Filipina masih menjadi ancaman terberat bagi timnas. Namun bukan mustahil dengan tim yang berpengalaman, serta didukung dengan Ali Budimansyah sebagai pelatih, maka Indonesia menargetkan medali emas di tahun ini. 

Semoga bisa terwujud. Selamat berjuang timnas 3x3 Indonesia di SEA Games Hanoi, Vietnam. (*)