News Event

Setelah Juara IBL, Brandone Francis Gabung Timnas Republik Dominika

31 July 2023
|

Roster timnas Republik Dominika untuk FIBA World Cup 2023 sudah dirilis. Tampak satu nama yang sangat akrab di telinga IBL Fans, yakni Brandone Francis. Setelah sukses membawa Prawira Harum Bandung juara IBL Tokopedia 2023, Francis langsung bergabug dengan timnas Rebulik Dominika. Francis akan main bareng beberapa bintang NBA di timnas.

Republik Dominika memiliki pemain inti yang kuat yang membawa tim ke FIBA World Cup 2023. Mereka juga menempati peringkat ke-23 dalam FIBA World Rangking Men. Andres Feliz dan Eloy Vargas memainkan semua 12 pertandingan di Kualifikasi Amerika dengan Angel Delgado, kapten tim Victor Liz, Rigoberto Mendoza dan Gelvis Solano semuanya tampil dalam 10 pertandingan. Guard NBA Chris Duarte bersinar dalam dua pertandingannya di Kualifikasi, Jean Montero menunjukkan kedewasaan dan kepemimpinannya meski baru berusia 20 tahun,  dan Gerardo Suero bisa menjadi pelengkapnya. 

Tetapi ada satu nama yang cukup menarik, yakni Brandone Francis. Musim ini dia bermain di tim Prawira Harum Bandung. Memimpin average points di regular season dengan 24,2 ppg untuk musim 2023. Francis juga mampu mencetak 6,8 rebound, 2,9 assist, dan 1,3 steal per game. Sehingga Francis diberikan penghargaan sebagai Best Foreign Player IBL Tokopedia 2023. 

Saat menelusuri arsip FIBA, ada bukti bahwa Francis sudah menunjukkan kemampuannya di tim nasional yunior. Pada tahun 2011, dengan usianya yang baru 16 tahun, ia menunjukkan penampilan ofensif besar selama Centrobasket U17, di mana ia mencetak rata-rata 16,8 poin dan 7,6 rebound per game. Francis juga mengenakan jersey Dominika selama Jenaro "Tuto" Marchand Cup 2013.

Brandone Edward Francis Ramírez (nama lengkap pemain bola) pindah ke Texas pada tahun 2016 setelah menjalani tahun rookie di University of Florida, yang mengambil satu tahun dari karir kuliahnya. Dia menonjol di sekolah menengahnya di Jacksonville, Florida, di mana dia dianggap sebagai salah satu dari 35 prospek terbaik tahun 2014. Ayahnya juga bermain bola basket di Boston College pada tahun 80-an. 

Dua tanda tanya besar yang dapat mengubah Republik Dominika menjadi tantangan yang sangat sulit bagi tim mana pun adalah bintang NBA Karl-Anthony Towns dan Al Horford. Towns terakhir kali bermain untuk Republik Dominika di FIBA ????AmeriCup 2013 tetapi dia mengatakan ingin "bermain untuk Republik Dominika musim panas ini". Horford belum pernah bermain sejak Kualifikasi Olimpiade 2012. Tetapi tidak masalah bagi Republik Dominika, karena Brandone Francis menunjukkan kualitasnya di liga musim ini. (*)

Baca Juga: Pemain Timnas Republik Dominika Masuk Roster Dewa United

0 Comments