Sempat Unggul, Indonesia Akhirnya Tersusul Australia di Babak Pertama


Jul 16, 2022

Timnas Indonesia menjalani laga berat pada babak penyisihan FIBA Asia Cup 2022, Sabtu malam, 16 Juli 2022, di Istora Senayan, Jakarta. Lawan Indonesia kali ini adalah Australia, yang belum terkalahkan dalam dua pertandingan. Laga ini sekaligus menjadi pertemuan pertama bagi kedua timnas. 

Head coach Milos Pejic tetap menurunkan starting five yang berisi Derrick Michael Xzavierro, Brandon Van Dorn Jawato, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa dan Marques Terrell Bolden. Sedangkan timnas Australia yang dipimpin head coach Michael Clancy Kelly, pada pertandingan ini menampilkan starter yang berisi Thon Maker, William Mcdowell-White, Mitchell Mccarron, Samson James Froling, dan Samuel Mcdaniel. 

Indonesia bermain bagus di kuarter pertama, sehingga mereka bisa unggul 16-11. Dua three point Indonesia dari enam percobaan, bersarang di ring Australia. Dua tembakan tersebut masing-masing dicetak oleh Abraham dan Prastawa untuk membuka keunggulan Indonesia. Kali ini kecepatan Abraham menjadi senjata ampuh bagi timnas. Sementara di paint area, Marques Bolden juga tampil sangat bagus. Bolden mengemas 8 dari 16 poin Indonesia di kuarter pertama. 

Australia sendikit mengalami kesulitan, khususnya dalam penyelesaian akhir. Karena dari 18 attempt, Australia hanya memasukkan 5 tembakan. Itu sudah termasuk 1 three point dari 7 attempt. Sebenarnya Australia menguasai paint area, terbukti dari banyaknya offensive rebound yang dilakukan. Namun belum cukup untuk mencetak keunggulan dari Indonesia, di kuarter pertama ini. 

Memasuki kuarter kedua, Indonesia kewalahan menghadapi gempuran Australia. Three point play Thon Maker dan lay up Samson Froling membuat kedudukan sama kuat (18-18), saat kuarter kedua berjalan tiga menit. Australia berbalik unggul 20-18 setelah Kaenu Pinder mencetak dua angka dengan turn around jump shot. Sementara Indonesia sempat membalas dengan three point play Brandon Jawato. Indonesia unggul 21-20. 

Setelah itu, Australia mendapatkan momentum, sehingga mereka bisa memimpin 28-21. Dua tembakan three point Australia meluncur mulus ke ring Indonesia. Meski Indonesia sempat memotong keunggulan Australia lewat Brandon Jawato, namun pada akhirnya Indonesia harus kembali tertinggal. Kali ini dengan margin 10 angka, setelah Tyrese Proctor mencetak tembakan three point di sisa 22 detik. Australia unggul 34-24 saat kuarter kedua ditutup. 

Tyrese Proctor mencetak 10 angka untuk Australia. Dia muncul dari bangku cadangan dan berhasil menyarangkan 2 three point dari 3 attempt. Sementara dari starter, empat pemain masing-masing menyumbang empat angka, yaitu Thon Maker, Mcdowell-White, Mccarron, dan Samson James Froling. Dari tim Indonesia, Marques Bolden mencetak 10 angka. Brandon Jawato menyumbang 6 angka, disusul Abraham (5 angka), dan Prastawa (3 angka). (*)