News Tim Nasional

Sejarah Baru untuk Basket Indonesia, Timnas Putri Raih Medali Emas SEA Games Pertama

14 May 2023
|

Perjuangan yang luar biasa ditunjukkan oleh Timnas Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Mereka berhasil sapu bersih semua pertandingan dan mendapatkan medali emas. Catatan ini sangat membanggakan, mengingat belum pernah dalam sejarah basket Indonesia, timnas putri mendapatkan prestasi ini. 

Timnas putri memastikan medali setelah menang 86-39 atas Singapura, Minggu (14/5). Kemenangan tersebut sekaligus menjadi rekor yang istimewa bagi timnas putri di SEA Games 2023 yaitu 6-0. Prestasi timnas putri ini mengikuti timnas putra yang sebelumnya sudah berhasil meraih medali emas di SEA Games 2022.

"Selamat dan luar biasa pencapaian ini. Membuktikan bahwa Perbasi selaku induk organisasi juga sudah berbuat yang terbaik selama bertahun-tahun. Memiliki manajemen yang profesional dan transparan," ucap Erick Thohir, Menteri BUMN yang juga FIBA Board Member.

Pemain timnas putri Indonesia untuk SEA Games kali ini adalah Priscilla Karen, Yuni Anggraeni, Peyton Whitted, Clarita Antonio, Dewa Ayu Sriartha, Nathania Orville, Kadek Pratita Citta, Henny Sutjiono, Dyah Lestari, Kimberly Pierre Louis, Agustin Gradita, Adelaide Callista. "Kalau tanggapan, saya speacless dan bangga. Sudah 64 tahun kita menunggu emas untuk basket putri di SEA Games. Semua perjuangan mereka terbayarkan dengan medali emas ini," ujar penanggungjawab timnas putri Christopher Tanuwidjaja.

Dalam sejarah pelaksanaan SEA Games, sejak 1977 medali emas terbanyak untuk kategori putri dikumpulkan oleh Malaysia dengan 13 kali, Thailand 5 kali, dan Filipina 2 kali. Kini Indonesia ada di belakang tiga negara tersebut dengan sekali meraih medali emas. (*)

 

Credit Photo : Yoga Prasakita / PERBASI

Baca Juga: Prestasi Terbaik Basket Indonesia Sepanjang Sejarah SEA Games

0 Comments