PON Papua Segera Dimulai, Saatnya Pemain Muda IBL Panaskan Mesin


Sep 28, 2021

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan segera dimulai. Cabang olahraga bola basket dimainkan di Mimika Sports Center, Mimika, mulai 29 September hingga 9 Oktober 2021. Dari roster yang di rilis Komisi Keabsahan PB PON, ada sekitar 36 pemain IBL. Mereka akan memanaskan mesin sebelum liga dimulai tahun depan. 

36 pemain IBL tersebut tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan ada yang sampai enam hingga tujuh pemain seperti Bangka Belitung dan Bali. Mereka rata-rata rookie atau pemain-pemain yang sudah tampil di IBL tiga musim sebelumnya. 

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa pemain-pemain yang tampil di PON merupakan pemain muda incaran klub-klub di liga. Jadi mereka akan tampil sebaik-baiknya agar dilirik oleh kontestan IBL. Peluang mereka masuk liga sangat besar, apalagi beberapa minggu lalu, IBL sudah mengumumkan ada empat kontestan baru. Jadi kebutuhan akan pemain bisa lebih besar dari sebelumnya. 

Event PON ini berguna sebagai seleksi, untuk melihat kemampuan mereka. Itu berguna bagi para pemain muda yang ingin masuk profesional. Sementara bagi mereka yang sudah menjadi pemain liga, selain fokus berjuang untuk provinsi masing-masing, mereka juga harus menunjukkan kualitasnya. Siapa tahu, dengan penampilan yang bagus di PON, maka mereka bisa naik ke tim inti timnya masing-masing. 

Nama-nama pemain muda IBL di PON XX Papua 2021 juga sudah akrab di telinga IBL Fans. Seperti Agassi Goantara di provinsi Banten, Tifan Eka Praditya dan Bryan Elang di provinsi Jawa Tengah, Dio Tirta di provinsi Jawa Timur, dan masih banyak lagi. (*)