Satya Wacana Tetap Semangat di Tengah Keterbatasan


Aug 20, 2020

Satya Wacana Salatiga menyatakan diri siap mengikuti Playoff IBL Pertamax 2020, sebagai lanjutan kompetisi yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Meski kini mereka tengah dilanda krisis. Bukan soal finansial, tetapi pemain. Satya Wacana akan tampil hanya dengan sembilan pemain saja. 

Sembilan pemain yang siap tampil adalah Andre Adrianno, Elyakim Tampa'i, Antoni Erga, Ardian Ariadi, David Liberty Nuban, Farid Azizi, Henry Lakay, Alexander Franklyn, dan Daniel Anggoro. Jumlah tersebut lantaran masih ada beberapa pemain yang cedera. Termasuk pemain inti seperti Cassiopeia Thomas Manuputty.

"Kami hanya bermain dengan sembilan pemain. Bryan (Elang) masih cedera, Cio (Cassiopeia Thomas Manuputty) juga masih terapi penguatan setelah operasi. Jadi memang hanya sembilan pemain ini yang siap," kata pelatih Efri Meldi.

Tentang jumlah pemain, sejak IBL 2020 dimulai, tim Satya Wacana paling ramping. Bila ditambah pemain asing saja, jumlah pemain Satya Wacana tidak sampai 15 pemain. Jadi wajar bila mereka saat ini tinggal sembilan pemain saja. Tetapi itu tidak menyurutkan semangat mereka berlaga di IBL 2020.

Saat ini, Satya Wacana menjalankan latihan secara bertahap, sesuai anjuran dari IBL. Sembari mengembalikan fisik dan fundamental pemain yang sempat turun selama hiatus. Diharapkan latihan secara bertahap juga bisa mencegah penularan virus Covid-19. 

Satya Wacana ada di urutan terbawah di klasemen IBL Pertamax 2020. Dari 12 pertandingan yang sudah dijalani, mereka baru menang tiga game saja. Sehingga mereka perlu bekerja keras untuk bisa lolos ke perempat final. IBL Pertamax 2020 rencananya akan dilanjutkan pada 13-27 Oktober 2020 mendatang. Sistem pertandingannya langsung ke babak playoff. (*)