Satya Wacana Berburu Pemain di PON Papua


Aug 23, 2021

Satya Wacana Saints Salatiga terlihat tidak aktif dalam bursa transfer musim ini. Ternyata mereka menyimpan rencana berbeda, yakni mencari pemain muda di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua, yang akan diselenggarakan bulan depan. 

The Saints Salatiga membuat perubahan besar di IBL Pertamax 2021, khususnya dari sisi roster pemain. Mereka melepas beberapa pemain senior, dan kembali fokus membina pemain-pemain muda. Hasilnya cukup memuaskan. Meski tidak bisa mewujudkan target lolos Playoffs, tapi performa para pemain muda Satya Wacana cukup menjanjikan. 

Karenanya, Satya Wacana masih menggunakan rencana yang sama untuk musim 2022 mendatang. Mereka akan kembali mengumpulkan pemain muda. Manajemen akan berburu pemain di PON Papua. 

"Kebutuhan pemain untuk roster kami 15 pemain. Namun tidak menutup kemungkinan bakal kami penuhi 17 pemain. Sesuai kuota maksimal IBL. Kami berencana melihat potensi pemain di PON. Kalau ada yang menarik, akan kami tawarkan untuk bergabung," ungkap Matius Zaki Iskandar, manajer tim Saints Salatiga. 

Satya Wacana juga melirik potensi pemain dari Papua. Karena baru-baru ini, mereka menjalin kerjasama dengan mereka. Kebetulan headcoach tim PON Papua juga mantan ikon Satya Wacana, yakni Jerry Lolowang. Dia dulu pemain Satya Wacana sekaligus kapten tim. Dengan begitu, tampaknya Satya Wacana bisa lebih dekat dengan para pemain potensial dari ujung timur Indonesia. 

Jangkauan Satya Wacana ke daerah di luar Pulau Jawa juga lebih luas. Sebab, Efri Meldi selaku headcoach juga telibat dalam tim PON Bangka Belitung. Ini artinya, ada potensi bahwa Satya Wacana akan membawa bintang-bintang muda baru di liga musim depan. Kita tunggu saja kemunculan mereka. (*)