Saling Intip Kekuatan Lewat Tune-Up Games


Jul 31, 2022

Sejak awal bulan Juli 2022, beberapa klub sudah mengadakan tune-up game. Tujuannya untuk menguji strategi, sekaligus mencoba skema-skema permainan yang bakal dipakai pada IBL Tokopedia 2022 Playoffs. Mereka juga saling intip kekuatan masing-masing, supaya siap baik secara fisik dan mental di babak playoff. 

Hasil tune-up game memang tidak bisa dijadikan patokan kualitas permainan tim tersebut. Tetapi setidaknya, bisa dilihat dari sisi kesiapan, baik fisik dan strategi. Banyak sekali kejutan seperti Dewa United dua kali mengalahkan Pelita Jaya, kemudian RANS menang atas West Bandits. Penampilan tim-tim ini cukup meyakinkan, setidaknya untuk memberi kepercayaan diri kepada pemain. 

Tapi apakah ada yang beruji tanding dengan lawannya di Playoffs putaran pertama? Jawabnya memang lazimnya tidak ada. Karena mereka tidak mau membocorkan skema. Tim-tim tersebut memilih untuk tidak bertanding melawan calon seterunya di putaran pertama. Bahkan untuk lebih aman, mereka melawan tim-tim yang tidak masuk playoffs seperti Bumi Borneo Basketball Pontianak dan Tangerang Hawks Basketball. 

Namun dalam tune-up games, beberapa hari yang lalu, digelar laga yang cukup menarik, yaitu Pelita Jaya melawan Satria Muda. Pada pertandingan ini, Satria Muda menang 69-64 atas Pelita Jaya. Banyak yang berpendapat kalau ini simulasi bertemunya dua tim terbaik di laga puncak nanti. Alasannya, dua tim inilah yang musim lalu bertemu di final. Tapi kembali lagi, semua hanya prediksi. Semuanya akan ditentukan di C-Tra Arena Bandung, 20 hari lagi. 

Setidaknya untuk saat ini, IBL Fans bisa melihat bahwa semua tim sedang menyiapkan pemain terbaiknya, strategi terbaiknya, dan bahkan mental terbaiknya menghadapi persaingan fase akhir di liga musim ini. Mereka berjuang untuk mendapatkan gelar juara IBL Tokopedia 2022. (*)