News Event

Rivalitas Prawira dan Dewa United di IBL

30 May 2024
|

Siapa sangka jika Prawira Harum Bandung dan Dewa United Banten memiliki rivalitas yang sudah panas sejak tahun 2022. Tepatnya setelah Dewa United melepaskan diri dari Louvre, yang jadi cikal bakal tim tersebut pada tahun 2020. Tidak hanya di regular season, Prawira dan Dewa United juga terlibat persaingan di babak playoffs. Dua kali Dewa United disingkirkan Prawira dari playoffs IBL. 

Jika dilihat dari jumlah pertandingannya, Prawira sudah bertemu Dewa United sebanyak 10 pertandingan sejak tahun 2022 hingga bulan Januari 2024. Ternyata jika dilihat dari sejarah pertandingan, Dewa United hanya menang dua kali dari Prawira (2-8). Itu sudah termasuk kemenangan 84-81 di Banten, pada 28 Januari 2024. 

Sementara satu kemenangan Dewa United atas Prawira terjadi pada 14 Agustus 2022. Di mana Dewa United emnang 89-84 lewat babak overtime, di Game 2 putaran pertama Playoffs IBL 2022, yang akhirnya dimenangkan Prawira dengan rekor 2-1. Selebihnya, delapan pertandingan kedua tim selalu dimenangkan oleh Prawira. 

Fokus pada persaingan kedua tim di playoffs, Prawira dan Dewa United pernah bertemu di Playoff IBL 2022. Prawira saat itu punya rekor 18-4 di musim reguler. Sedangkan Dewa United mengumpulkan 13 kemenangan dari 22 pertandingan. Di Game 1 Prawira menang 78-74. Penampilan Kaleb Ramot Gemilang dengan 28 poin, enam rebound, dan tiga assist, tidak bisa menyelamatkan timnya dari kekalahan. Kemudian di Game 2, giliran Dewa United membalas 89-84 lewat babak overtime, setelah bermain imbang 74-74 di waktu normal. Sedangkan di pertemuan terakhir, Prawira menang 69-65 dan menyingkirkan Dewa United dari putaran pertama playoffs. 

Pada tahun 2023, Prawira kembali bertemu Dewa United di playoffs. Tapi kali ini lebih menyakitkan, karean Dewa United tersingkir dengan rekor 0-2, atau disapu bersih oleh Prawira di babak semifinal. Prawira menang 83-74 dengan Brandone Francis sebagai top-score yang mencetak 29 poin. Pada laga kedua, lagi-lagi Francis tidak bisa dihentikan oleh pertahanan Dewa United, sehingga dia bisa mencetak 24 poin untuk memimpin Prawira menang 88-80. Sekaligus menyingkirkan Dewa United dari semifinal, yang mungkin masih diingat oleh beberapa punggawanya sampai sekarang. Di akhir musim, Prawira keluar sebagai juaranya. 

Sejarah pertemuan ini tentu saja bisa menjadi motivasi tersendiri bagi kedua tim. Dewa United yang sudah unggul 1-0 atas Prawira di IBL Tokopedia 2024, tentu saja ingin memastikan keunggulan mutlak, saat mereka bertandang ke C-Tra Prawira Arena, Minggu ini. Namun sebaliknya, Prawira dengan tren positif dan bermain di kendang sendiri, akan menjadi tim yang berbahaya. 

Jangan lewatkan pertandingan antara Prawira melawan Dewa United, di C-Tra Prawira Arena, hari Minggu (2/6) pukul 20.00 WIB. Pertandingan ini juga disiarkan secara langsung di Vidio. (*)

Baca Juga: Brandone Francis Membawa Prawira Revans Atas Dewa United

0 Comments