Richard Ross, Pernah Satu Tim dengan Lester Prosper


Nov 15, 2021

Tangerang Hawks tampaknya memperhatikan betul pilihannya di IBL Draft 2021 Foreign Players. Sebab dua pemain asing yang dipilih, entah sengaja atau tidak punya latar belakang yang menarik. Salah satunya adalah Richard Ross. 

Ross menjadi pilihan pertama Hawks di IBL Draft 2021. Sementara Adam Eugene Drexler jadi pilihan kedua mereka. Seperti yang kita tahu bahwa Adam merupakan putra dari legenda NBA, Clyde Drexler. Sementara Ross, ternyata punya pengalaman yang unik. Dia pernah satu tim dengan pemain naturalisasi Indonesia, Lester Prosper. 

Ross merupakan jebolan Old Dominion University. Dia membela tim basket Old Dominion Monarchs selama tahun 2011 hingga 2015, dan tampil di NCAA Divisi 1. Dalam 128 penampilan, Ross diturunkan sebagai starter sebanyak 91 kali. Dia mencetak rata-rata 7,7 PPG dan 5,7 RPG. Musim terbaiknya terjadi pada 2013-14, dimana dia mencetak 9,9 PPG dalam 36 pertandingan. 

Pemain setinggi 198 cm tersebut tidak lolos Draft NBA, dan langsung merantau ke Australia. Dia bermain di NBL 1 West membela tim Joondalup Wolves. Pada tahun 2019, Ross bermain untuk klub Cona bernama Anhui Oriental Dragons, lalu di tahun yang sama dia direkut oleh klub PBA, Rain or Shine Elastopainters di Governor's Cup. Di laga pertamanya, Ross mencetak 20 poin, 8 rebound, 4 assist dalama 28 menit. 

Ternyata ini yang lebih menarik. Ross pada tahun 2021 dikontrak oleh Helcones de Xalapa, Meksiko, dan bermain di Liga Nacional de Beloncesto Profesional (LNBP). Dalam roster tersebut ada Lester Prosper yang sudah menjadi pemain naturalisasi Indonesia. Ross mencetak 4,0 PPG dan 2,0 RPG. 

Dengan usia 29 tahun, Ross punya pengalaman bermain di liga Asia dan Australia. Sehingga diharapkan dia bisa cepat beradaptasi dengan tim asuhan Efri Meldi, dan membantu mereka mewujudkan target klub tersebut. Kita nantikan pernampilan Richard Ross di musim 2022. (*)