Rekam Jejak Chris Daleo Sebelum Jadi Pelatih RANS PIK Basketball


Jun 18, 2022

RANS PIK Basketball melakukan percepatan sebelum menghadapi Playoffs IBL Tokopedia 2022. Namun harapannya bukan sekadar Playoffs saja, sebab program ini sangat bagus. Terutama dengan mendatangkan pelatih yang berpengalaman seperti Chris Daleo. Siapakah dia, dan bagaimana rekam jejaknya?

Daleo lulus dari Universitas Depaul dengan gelar sarjana sains pada tahun 1988. Karir kepelatihannya dimulai di Kishwaukee Junior College di Malta, Illinois, pada tahun 1995 selama dua musim. Sebelum terjun ke pelatihan perguruan tinggi, dia adalah asisten pelatih dengan Rockford Lighting dari tahun 1997 hingga 1999. Pada tahun 1998, dia adalah Pelatih Pengembangan Pemain Summer League di Seattle Supersonics. Kemudian pada tahun 2002 dia menjadi Pelatih Pengembangan Pemain Summer League Milwaukee Bucks. 

Daleo menghabiskan hari-harinya untuk melatih bola basket perguruan tinggi dan liga-liga profesional di Amerika Serikat. Prestasinya banyak seperti lima kali menerima CBA Coach of the Month Award, lalu American Conference All-Star Coach pada tahun 2008.

Perjalanan membawa Daleo ke benua Asia. Daleo awalnya didapuk sebagai pelatih tim profesional Thailand, Hi-Tech Bangkok City pada bulan April 2017. Tetapi federasi setempat akhirnya memberikan tugas sebagai timna putri pada Juni 2017 hingga September 2018. Karena prestasinya bagus, maka Daleo diminta menangani timnas putra Thailand sejak Juni 2019. 

Di Thailand, Daleo berhasil membawa timnya juara liga domestik lima kali. Kemudian untuk timnas, dia berhasil menaikkan Thailand enam tingkat di rangking FIBA Dunia menjadi posisi ke-99 (peringkat tertinggi dalam sejarah basket Thailand). Prestasi dan pencapaian terbaru Daleo dalam melatih tim bola basket putra dan putri Thailand adalah meraih medali perak di SEA Games 2017 dan 2019.

Kemudian pandemi Covid-19 melanda dunia. Dengan begitu banyak ketidakpastian seputar bola basket Thailand, Chris Daleo memutuskan untuk pulang ke Amerika Serikat. Karena di Thailand sendiri semua kegiatan bola basket termasuk liga pro dan timnas ditunda. Chris Daleo dalam akun Facebook pribadinya juga berpamitan kepada Nipondh Chawalitmontien sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Thailand. Ini berarti Daleo sudah tidak punya ikatan apa-apa dengan Thailand. 

Ada pula isu soal kekecewaan Asosiasi Bola Basket Thailand (BSAT) tentang performa Daleo akhir-akhir ini. Sehingga mereka tidak memanggil Daleo di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2022, di mana Thailand kalah dua kali dari timnas Indonesia. 

Tapi kini Daleo mencoba membuka lembaran baru dengan RANS PIK Basketball. Diharapkan dia bisa meningkatkan performa tim milik Raffi Ahmad tersebut. RANS sendiri akan tampil di Playoffs IBL Tokopedia 2022 putaran pertama melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. (*)