News Event

Raoul Miguel Hadinoto Lanjutkan Perjuangan Andre Yuwadi

28 December 2023
|

Raoul Miguel Hadinoto dikenal sebagai pelatih berpengalaman di liga basket Indonesia. Setelah menyelesaikan tugasnya di West Bandits Solo, tidak terdengar lagi kabarnya, sampai akhirnya diperkenalkan sebagai pelatih Rajawali Medan. Pelatih yang akrab disapa Coach Ebos tersebut akan melanjutkan perjuangan mendiang Andre Yuwadi, dalam memimpin Rajawali menapaki musim perdananya di liga profesional Indonesia.

Kembalinya Coach Ebos memimpin tim pada tahun 2017 silam membuat persaingan liga semakin panas. Coach Ebos saat itu bergabung dengan Siliwangi Bandung. Melatih Siliwangi, bagi Coach Ebos seperti napak tilas awal karier kepelatihannya di liga bola basket Indonesia. Tim pertama yang dilatihnya selepas belajar di Australia adalah Citra Satria tim yang berevolusi, nama dan kepemilikan, hingga menjadi Siliwangi Bandung saat.

Kemudian pada awal musim kompetisi Coach Ebos diperkenalkan sebagai pelatih di Bank BPD DIY Bima Perkasa. Coach Ebos punya pengalaman untuk menangani tim putra, seperti Citra Satria Jakarta (2004), Kalila Jakarta (2008), Garuda Bandung (2009), dan Siliwangi Bandung (2017). Tak hanya itu, ia juga berhasil membawa tim putri Tomang Sakti Jakarta menjuarai WNBL Indonesia dua musim berturut-turut (2013-2014).

Pelatih kelahiran 11 September 1970 tersebut dinilai punya kelebihan yang jarang dimiliki pelatih lain, yaitu bisa menangani tim putra dan tim putri sama baiknya. Karena melatih kedua kategori tersebut punya perbedaan yang sangat mendasar, yaitu ketahanan mental. Untuk putra, mungkin sudah terbiasa dengan gaya melatih yang keras. Tapi untuk putri kadang memerlukan penanganan khusus. Tapi Coach Ebos bisa membuktikan bahwa dirinya mampu mengatasi perbedaan tersebut, sehingga bisa mencetak prestasi di dua kategori ini.

Salah satu yang membuat Coach Ebos dikenal sebagai pelatih yang baik adalah soal konsistensi. Ia benar-benar menerapkan konsistensi dalam permainan, baik menyerang maupun bertahan. Menurutnya, tidak ada artinya bila menyerang dengan bagus, tapi pertahanan buruk. Selain itu, konsistensi di setiap kuarter juga menjadi kuncinya. Coach Ebos bisa marah betul bila ada satu dari empat kuarter performa timnya menurun. Karena bisa menyebabkan kekalahan. 

Terakhir Coach Ebos ada di tim West Bandits Solo, menyelesaikan musim 2023 dari pelatih Nedas Pacevicius. Kini dia akan bertugas di Rajawali Medan, yang notabene menjadi kontestan baru IBL, yang akan memulai musim perdananya di liga profesional. IBL 2024 akan mulai bergulir pada 13 Januari mendatang. (*)

Baca Juga: Prawira Akhiri Era Andre Yuwadi

0 Comments