News Event

RANS Datangkan Pemain Keturunan Indonesia dari Inggris

11 December 2023
|

Bogor, 11 Desember - RANS Simba Bogor mulai memperkenalkan pemain-pemain barunya. Kali ini yang datang adalah pemain yang berstatus heritage, atau keturunan. Pemain tersebut bernama Devon van Oostrum. Dia mendapatkan darah Indonesia dari neneknya, atau dari jalur ibu. 

Setelah lulus dari King Edward VII School di Sheffield, Van Oostrum memulai karier bola basket profesionalnya dengan klub liga bola basket Inggris Sheffield Sharks pada tahun 2008. Kiprahnya lebih banyak di liga-liga Eropa, seperti Belanda, Spanyol, Yunani, dan tentu saja Inggris. Karena Van Oostrum merupakan pemain berkerbangsaan Inggris - Belanda. 

Sementara itu, debut internasional Van Oostrum adalah untuk timnas Inggris, diawali di FIBA Europe Under-16 Championship. Dia mewakili Inggris Raya di level U-20, dan melakukan debut untuk tim senior Inggris dalam pertandingan persahabatan melawan Kanada. Dia bermain dengan Inggris Raya di EuroBasket 2011 di Lituania, dan dia dinobatkan sebagai British Basketball's Emerging Athlete pada tahun 2011. Dia kehilangan tempat di skuad Inggris Raya Olimpiade 2012. Dia juga bermain di EuroBasket 2013 di Slovenia, dan di Kualifikasi EuroBasket 2015. 

Data statistik untuk dua tahun terakhir cukup mengesankan. Van Oostrum bermain untuk tim Livece di liga Slovakia sebanyak 27 pertandingan di musim 2022-23. Dia mencetak rata-rata 10,8 ppg, 4,3 rpg, dan 4,9 apg. Kemudian di musim 2023-24, dia sempat mencicipi Superliga, Kosovo, bersama tim Trepca. Dalam enam laga, Van Oostrum mencetak 6,5 ppg, 2 rpg, dan 2,2 apg. Dengan masuknya Van Oostrum maka RANS menggunakan semua kuota yang dimiliki, yaitu pemain asing dan heritage. Kini tinggal menunggu siapa saja tiga pemain asing milik RANS. 

RANS Simba Bogor dan semua kontestan liga, sekarang sudah memasuki tahap akhir persiapan jelang musim baru. IBL 2024 akan mulai digulirkan pada 13 Januari mendatang. (*)

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas, NSH Mountain Gold Datangkan Pelatih Asing Berpengalaman

0 Comments