News Games

Putuskan Tinggalkan Liga Australia, Julius Bowie Bela Bali United Basketball

03 January 2023
|

Julius Bowie datang ke Bali United Basketball sebagai pemain asing anyar untuk mengarungi ajang Indonesian Basketball League (IBL) 2023. Berposisi sebagai point guard, dirinya resmi berseragam Tridatu Warriors melalui IBL Draft pada bulan Oktober lalu.  

Bukan tanpa alasan pelatih kepala Anthony Garbelotto memboyong pebasket yang akrab disapa Jay ini ke dalam skuadnya.  

Pengalamannya malang melintang memperkuat sejumlah tim di liga basket Australia macam Lakeside Lightning dan Mandurah Magic menjadi salah satu pertimbangan.  

Tidak hanya sekadar bermain, dirinya pun memilki karier gemilang selama berkiprah di Negeri Kangguru dengan sederet pencapaian macam All-NBL1 West First Team (2021), NBL1 West scoring champion (2021), dan 3 kali masuk ke dalam skuad SBL All-Star (2016–2018).  

Sederet catatan tersebut ditambah kemampuan apiknya dalam memainkan peran di tiga posisi yakni point guard, shooting guard, hingga small forward membuat dirinya tergolong komplit.  

Lantas, apakah yang menjadi alasan dan motivasi di balik keputusannya meninggalkan Australia dan bergabung dengan Bali United Basketball di IBL?  

Ternyata, salah satu penyebab pebasket berpostur 1.96 m itu berpetualang dan membela Tridatu Warriors adalah reputasi dari Pulau Dewata yang begitu masyhur di negara beribukota Canberra ini.   

Karena memang melansir data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, wisatawan asing asal Australia begitu mendominasi kedatangan di Pulau Dewata dengan persentase sebesar 29,56% dari total 291.162 kunjungan turis internasional per September 2022 lalu.  

Berkaca dari catatan tersebut, maka tidaklah mengherankan jika Jay tidak perlu berpikir panjang untuk memutuskan bermain bersama Bali United Basketball.  

“Saya bermain beberapa tahun terakhir di Australia dan saya hanya ingin melihat bagian lain dunia. Dan, karena saya pernah berada di Australia, banyak orang di liga telah mengunjungi Bali pada akhir musim hanya untuk bersantai dan mereka mengatakan hal-hal hebat tentangnya. Jadi saya sangat bersemangat tentang hal itu,” ungkap Jay.  

Lebih lanjut, keramahtamahan warga Bali juga menjadi alasan yang semakin menguatkan tekad Jay memulai lembaran baru dalam kariernya.  

Hal-hal tersebut pun membuat pebasket asal Tampa, Florida, Amerika Serikat ini tidak sabar untuk segera memulai debutnya bersama Bali United Basketball.  

“Saya sangat senang dan Anda melihat Bali memiliki situasi yang hebat, semua orang di sini ramah dan tim akan sangat bagus, jadi saya sangat bersemangat,” pungkas Jay.  

Semoga saja Jay Bowie mampu cepat beradaptasi dengan skuad Bali United Basketball sehingga dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada IBL 2023.

Baca Juga: Kalahkan Lebanon, Australia Pertahankan Gelar Juara FIBA Asia Cup

0 Comments