Prediksi Prawira VS NSH, Ketenangan Jadi Kunci Kemenangan


Mar 31, 2021

Prawira Bandung dan NSH Montain Gold Timika akan menutup IBL Pertamax 2021 Seri Ketiga. Kedua tim punya nasib berbeda di Divisi Putih. Prawira ada di peringkat tiga dengan mengumpulkan 19 poin. Sedangkan NSH ada di peringkat terakhir dengan 12 poin. Ketenangan dalam pertandingan akan menjadi kunci memenangkan pertandingan ini.

Pada pertemuan pertama, Prawira menang 75-56. Mereka sempat tertinggal di kuarter pertama, kemudian bangkit di tiga kuarter sisanya. Itu terjadi setelah Prawira bisa menguasai keadaan dan membuat pertahanan jadi lebih solid. 

Berdasarkan data statistik, semua mengarah ke Prawira. Field goals precentage Prawira di kisaran 44%, lebih tinggi dari NSH yang mencetak 36%. Untuk 2PTS precentage Prawira juga unggul dari NSH. Prawira ada di 52%, dan NSH di angka 43%. Jadi sebaiknya, NSH memikirkan cara untuk menghentikan mereka agar tidak masuk di paint area.

Tetapi NSH juga perlu waspada terhadap beberapa pemain Prawira yang menjadi andalan di tembakan three point, seperti Hans Abraham. Karena Prawira sendiri bisa mengumpulkan 30% untuk 3PTS precentage. Sebaliknya, NSH hanya 22% saja. Tampaknya ini akan jadi masalah bagi NSH, karena bila mereka tidak bisa masuk area perimeter, artinya pilihannya hanya menembak jarak jauh. Namun sayang akurasinya kurang baik. 

Sementara untuk free throw precentage, kedua tim cukup berimbang. Prawira ada di angka 65%, dan NSH di 59%. Tapi NSH bisa menaikkan precentage tersebut dengan ketenangan di lapangan. Sejauh ini, coach AF Rinaldo sudah menyampaikan bahwa masalah di timnya adalah ketenangan. Kalau saja pemain NSH lebih sabar, maka mereka bisa menyelesaikan laga dengan baik. 

NSH sebenarnya bisa memaksimalkan pertarungan di paint area. Mereka punya Ruslan dan Randika Aprilian. Keduanya bisa diadu dengan Pandu Wiguna dan Firman Dwi Nugroho. Sebaliknya, M. Reza Fahdani Guntara anak mendapatkan tugas berat kali ini. Kemungkinan besar Reza akan menjaga pregerakan Ebrahim 'Biboy' Enguio Lopez. 

Game seru ini bisa disaksikan di IBL TV, pukul 20.00 WIB. (*)