Prawira Unggul atas Dewa United di Kuarter Pertama


Mar 20, 2022

Mengawali hari ke-17 IBL Tokopedia 2022, dengan sistem bubble, Dewa United Surabaya berharapan dengan Prawira Bandung. Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim yang tengah berjuang untuk masuk ke zona Playoffs. Oleh karena itu, keduanya sama-sama siap bertarung mati-matian. 

Laga ini menjadi pertemuan pertama bagi keduanya. Meski Dewa United dan Prawira sama-sama berada di Divisi Putih. Untuk mengawali laga, dari Dewa United, head coach Andika Supriadi Saputra memilih lima pemain pertamanya yakni Lucky Abdi Pasondok, Kevin Moses Eliazer Poetiray, Xaverius Prawiro, pemain asing Emilio Dacre Parks, dan kapten tim Kaleb Ramot Gemilang. 

Di tim Prawira, head coach David Singleton kali ini juga turun dengan kekuatan penuh. Point guard dipercayakan kepada Yudha Saputra. Kemudian ada M. Alan As'adi, M. Reza Fahdani Guntara, pemain asing Taj Davis Spencer, dan tentu saja kapten tim Abraham Damar Grahita. 

Tampaknya tak butuh waktu lama bagi Prawira untuk menguasai keadaan. Mereka sudah unggul 11-3 sesaat setelah tip-off. Kebuntuan memaksa Dewa United tidak bisa membuat poin dari kesempatan yang mereka dapatkan. Bahkan Prawira sempat memimpin 13 angka (20-7), ketika Taj Spencer memborong empat poin berturut-turut. Setelah mencetak poi dengan slam dunk, Spencer menambahkan keunggulan Prawira melalui lay up. 

Ketika kuarter pertama akan ditutup, Spencer masih bisa membuat poin untuk Prawira. Dengan serangan cepat, dia merangsek ke paint area Prawira, dan mengakhirinya dengan lay up. Prawira unggul 11 angka (22-11) di sisa tujuh detik. Namun Dewa United bisa memangkas margin menjadi 14-22 setelah Parks mencetak poin buzzer beater. (*)