News Event

Prawira Tim Terbaik untuk Home and Away di Playoffs

27 July 2023
|

Perjalanan IBL Tokopedia Playoffs 2023 terasa panjang dengan format home-and-away. Hal ini menuntut tim untuk bisa mengatur fisik dan mental. Karena di samping pertandingan, mereka harus berpindah dari kandang ke tandang. Tetapi di musim ini, Prawira membuktikan bahwa mereka tim terbaik baik di kandang mau pun tandang. 

Prawira punya rekor 6-0 di babak playoffs 2023. Mereka tiga kali tampil di kandang (home) dan tiga kali bermain sebagai tim tandang (away). Faktanya, Prawira tidak pernah kalah ketika bermain di kandang lawan (away) dengan rekor 3-0, termasuk di Game 1 The Finals 2023, melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Namun yang paling luar biasa adalah Prawira tidak pernah kalah di kandang sendiri, C-Tra Arena Bandung (3-0) di babak playoffs. 

Tim kandang terbaik setelah Prawira adalah Pelita Jaya dengan rekor kandang 2-1. Namun mereka juga punya rekor tandang 2-1. Pelita Jaya menang di putaran pertama dan semifinal, namun kalah satu laga di final. Dewa United Banten juga tim yang meraih dua kemenangan di kandang sendiri. Tetapi mereka juga kalah sekali di rumahnya (2-1). Hal inilah yang membuat Dewa United harus gugur di babak empat besar. 

Dari delapan tim yang lolos ke playoffs tahun ini, hanya ada empat tim yang mampu mengamankan laga kandang (home record). Selain Prawira (3-0), ada Dewa United (2-1), Pelita Jaya (2-1), RANS PIK Basketball (1-0), dan terakhir Satria Muda Pertamina Jakarta (1-1). 

Selebihnya mereka kehilangan laga kandang, atau tidak bisa memanfaatkan home advantage. Tim-tim tersebut adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak (0-1), Bali United Basketball Club (0-1), dan Bima Perkasa Jogja (0-1). (*)

Baca Juga: Home-and-Away, Tantangan Baru Kontestan Liga

0 Comments