News Event

Prawira Sapu Bersih Pelita Jaya Lewat Drama Overtime

11 June 2023
|

Prawira Harum harus melalui drama overtime yang menegangkan, sebelum akhirnya menghabisi Pelita Jaya Bakrie Jakarta, 84-82, di C-Tra Arena, Bandung, Minggu (11/8). Prawira menang dua kali atas Pelita Jaya (2-0) di musim 2023. Prawira juga berhasil menghentikan 17 kemenangan beruntun Pelita Jaya.

Prawira memulai babak tambahan waktu dengan running 3-0 lewat Reza Guntara (77-74). Tetapi floater dari Yesaya Saudale membuat Pelita Jaya mendekat (76-77). Masuk tiga menit terakhir, Yudha Saputera mencetak three point untuk membuat skor 80-76. Pelita Jaya masih bisa mendekat dengan jarak satu angka (79-80) di sisa satu setengah menit. 

Memasuki sisa waktu 45 detik, Hans Abraham mencetak tembakan tiga angka memanfaatkan assist dari Brandone Francis. Kemudian Pelita Jaya membayar lunas melalui tembakan tiga angka dari M. Arighi. Pelita Jaya mendekat 82-83. Waktu yang tersisa hanya 34 detik. Situasi seperti ini benar-benar menguras fisik dan mental para pemain. 

Sayangnya Arighi justru memberikan Prawira kesempatan mencetak poin, setelah melakukan pelanggaran kepada Yudha Saputera. Dia menambahkan satu poin, sehingga Prawira unggul 84-82. Ketika Yesaya gagal memasukkan upaya three point, maka Prawira memastikan kemenangan di laga ini. Artinya Prawira menyapu bersih Pelita Jaya (2-0) di IBL Tokopedia 2023. 

"Pertandingan seru banget, kami harus berhati-hati. Kami butuh game seperti ini, untuk lebih baik ke depan," kata Yudha Saputera. 

Brandone Francis mencetak 21 poin. Yudha Saputera menambahkan 18 poin setelah bermain selama 43 menit. Sedangkan Jarred Shaw menyumbang 17 poin dan 11 rebound untuk Prawira. Di sisi sebaliknya, Dominique Sutton mencetak 20 poin dan 15 rebound. M. Arighi dan Dashaun Wiggins masing-masing menambahkan 12 poin, dan Yesaya Saudale menyumbang 10 poin. Terakhir ada Aldy Izzatur Rachman yang mencetak 11 poin, namun tidak bisa menyelesaikan laga karena cedera. Seharusnya Aldy bisa menjadi pembeda di laga ini, namun dia harus menepi setelah pergelangan kakinya terkilir.

"Game yang bagus untuk kami. Yudha melakukan banyak hal untuk bisa memenangkan pertandingan. Reza juga berhasil membuat free throw yang sangat penting. Senang bisa menang hari ini. Saya senang dengan tim ini, dan terima kasih Bandung," ujar Brandone Francis. 

Lewat kemenangan hari ini, Prawira naik ke peringkat kedua. Mereka mencetak rekor 23-3, dengan keuntungan unggul head-to-head (2-0) dari Pelita Jaya. Jadi Pelita Jaya harus memenangkan lebih banyak pertandingan di sisa musim ini daripada Prawira, untuk merebut posisi kedua. Sekedar mengingatkan kalau sebelum kalah melawan Prawira, Pelita Jaya menang 17 laga berturut-turut. Kini mereka merasakan kekalahan ketiga di musim ini, dan dua diantaranya di tangan Prawira. (*)

Baca Juga: Baru Tiga Seri, Sudah Lima Kali Terjadi Overtime

0 Comments