Prawira Juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour Seri Yogyakarta


Sep 11, 2022

Prawira Bandung tampil bagus di laga final. Mereka keluar sebagai juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour Seri Yogyakarta, setelah menundukkan Bima Perkasa Jogja dengan skor 21-18. Bima Perkasa kembali gagal di partai puncak, padahal mereka mendapatkan dukungan dari fans yang hadir di Sleman City Hall, Yogyakarta. 

Prawira mengawali laga dengan komposisi Bryan Adha Elang Praditya, Refka Djalu Pangestu, dan Fhirdan Guntara. Sedangkan M. Hazmi Musyaffa duduk di bangku cadangan. Sebaliknya, Bima Perkasa menurunkan Indra Muhammad, Ikram Fadhi, dan Restu Dwi Purnomo. Sementara Avin Kurniawan ada di bangku cadangan. 

Ikram membuat poin perdana untuk Bima Perkasa. Lalu Bryant membalas dengan layup. Sehingga kedua tim sama kuat di awal laga. Di pertengahan laga, Prawira berhasil menguasai keadaan sehingga mereka unggul 11-9. Bryan membawa Prawira memimpin 13-10 dengan tembakan dua angka. Namun poin tersebut berhasil disusul setelah momentum yang diciptakan oleh Indra Muhammad. 

Saat waktu tersisa emat menit, tembakan dua angka Restu Dwi Purnomo membalikkan keadaan menjadi 14-13 untuk Bima Perkasa. Namun Prawira tak mau menyerah begitu saja. Setelah TV Timeout, mereka mengambil kembali keunggulan. Sampai melalui free throw Fhirdan Guntara, Prawira unggul 20-18. Mereka hanya membutuhkan satu poin untuk menjadi juara.  

Terjadi ketegangan di sisa satu menit. Restu Dwi Purnomo punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan, setelah pelanggaran yang dilakukan oleh Bryant. Tapi dia gagal memasukkanp kesempatan free throw. Kesalahan tersebut dibalas oleh Bryan dengan layup memanfaatkan assist dari Fhirdan. Dengan satu poin tersebut, Prawira keluar sebagai juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 Seri Yogyakarta. Sementara, Bima Perkasa harus kembali menelan pil pahit. Mereka dua kali masuk final, tapi dua kali pula dikalahkan. 

Juara dari kategori U18 Men adalah Rainbow Bubble, setelah mengalahkan Team Lo di final dengan skor 16-12. Di kategori Open Women adalah Sahabat Semarang, yang menang 14-6 di final melawan GSBC. Sementara dari kategori Open Men ada tim Elang Laut Jakarta yang menjadi juara setelah mengalahkan Kenangan Jaya A dengan skor 22-21. Elang Laut diperkuat dua pemain profesional yaitu Gusti Putu Suputra dan Francisco Yogi Dasilva.  

Seri ketiga dari kompetisi IBL Gojek Indonesia Tour 2022 yang akan digelar di Surabaya, 17-18 September mendatang. (*)