News Event

Prawira dan Pelita Jaya Percaya Diri Tampil di BCL Asia 2024

26 March 2024
|

Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 adalah kejuaraan ini mempertemukan para jawara di kompetisi domestik setiap negara. Untuk Indonesia, diwakili dua tim yaitu Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta sebagai juara dan runner-up IBL Tokopedia 2023.

Mereka memulai perjuangan dari babak kualifikasi. Di fase ini, total ada delapan tim ikut serta yang dibagi menjadi dua grup. Prawira Harum Bandung berada di Grup A bersama NS Matrix Deers (Malaysia), Hong Kong Eastern (Hongkong), dan Bishrelt Metal (Mongolia). Lalu Pelita Jaya di Grup B bersama Hi-Tech Basketball Club (Thailand), Adroid Club (Singapura), dan Ulaanbataar Xac Broncos (Mongolia).

Mereka bertarung untuk memperebutkan dua tiket ke babak utama BCL Asia 2024. Perjuangan menuju ke sana digelar dalam dua tahap. Tahap pertama kualifikasi dilaksanakan di Ulaanbaatar, Mongolia. Pertandingan akan berlangsung pada 3-7 April 2024. Juara di masing-masing grup akan melaju ke tahap kedua kualifikasi yang akan berlangsung di Jakarta pada 23-26 April 2024.

Sementara peringkat 2 dan 3 grup akan bertemu silang. Pemenang dari pertemuan tersebut menyusul ke Jakarta. Dengan begitu, pada kualifikasi tahap kedua, total pesertanya 4 tim. 

Pertarungan di Jakarta diharapkan menghasilkan dua tim terbaik yang berhak melaju ke panggung utama BCL Asia 2024. Mereka kemudian bersaing dengan juara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina serta wakil terbaik dari Asia Barat Super League untuk berebut jadi klub terbaik di Asia.

Prawira optimistis bisa bermain bagus di kejuaraan ini. Head coach David Singleton menyatakan keyakinan itu karena para pemain sudah siap secara fisik dan mental untuk berlaga pada kualifikasi BCL Asia 2024 di Mongolia. Bahkan, David menegaskan bahwa anak asuhnya juga tidak akan bermasalah dengan cuaca yang lebih dingin saat di Mongolia. Keyakinan itu menebal karena pemainnya sudah terbiasa dengan cuaca dingin Bandung.

"Saya kira Bandung sudah dingin, perbedaannya mungkin sedikit saja dengan di sana (Mongolia). Jadi kami tidak akan ada masalah dan siap bersaing dengan lawan kami di Grup A," ujarnya, dalam pertemuan dengan awak media.

Sementara itu, pemain Pelita Jaya Nickson Damara Gosal mengatakan bahwa timnya sudah bersiap dan serius hadapi ajang ini. Mereka berharap bisa lolos ke fase berikutnya.

"Kami optimistis lolos sampai ke BCL Asia, namun kami akan fokus satu-satu dulu. Fokus pertama adalah lolos ke tahap kedua kualifikasi di Jakarta," tambah pemain Nickson. "Kami akan biasakan bermain di cuaca dingin dengan latihan di lapangan ber-AC." (*)

Baca Juga: Prawira dan Pelita Jaya Wakil Indonesia di BCL Asia 2024

0 Comments