News Event

Buzzer Beater Kaleb, Dewa United Unggul 26-25 di Half Time

30 June 2023
|

IBL Tokopedia Playoffs 2023 resmi dimulai dengan pertandingan antara RANS PIK Basketball melawan Dewa United Banten. Untuk laga pertama ini, kedua tim bermain di Sritex Arena, yang kali ini disebut "Home of The Phoenix", Jumat (30/6). Di awal laga kedua tim bermain taktis. RANS menunjukkan performa yang luar biasa dalam defense, sehingga mereka bisa memimpin hampir di sepanjang babak pertama. Namun buzzer beater dari Kaleb Ramot Gemilang membuat Dewa United unggul 26-25.

Berstatus sebagai home team, membuat RANS harus mengunci kemenangan. Untuk mengamankan pertandingan ini, RANS menurunkan starting five berisi Akeem Ellis, Oki Wira Sanjaya, David Liberty Nuban, Valentino Wuwungan, dan kapten tim Januar Kuntara. Sedangkan dari Dewa United, starter yang diturunkan adalah Anthony Johnson, R. Azzaryan Pradhitya Jati, Kevin Moses Eliazer Poetiray, Katon Adjie Baskoro, dan kapten tim Kaleb Ramot Gemilang. 

RANS justru bisa keluar dari tekanan di kuarter pertama. Mereka unggul 14-10 saat kuarter pertama ditutup. Kaleb Ramot Gemilang belum bisa mencetak poin sama sekali di kuarter pertama. Poin terbanyak untuk kuarter ini dipersembahkan oleh Johnson dengan catatan lima poin. Sementara dari RANS, Valentino Wuwungan juga sukses mencetak lima angka. RANS memasukkan dua three point dari delapan attempt pada kuarter pertama. 

Kalau di kuarter pertama RANS sempat unggul tujuh angka (12-5), maka di kuarter kedua, mereka kembali running score di awal kuarter. Three point Karl Patrick Utiarahman dan layup dari Akeem Scott memberikan RANS jarak enam poin (19-13). Karl kembali bermain untuk RANS, setelah menyelesaikan tugasnya bersama Indonesia Patriots. Jelas ini menjadi keuntungan tersendiri bagi RANS. 

Di lima menit terakhir, RANS tetap menjaga margin tujuh angka. Ini berkat three point dari Akeem Ellis. Namun terlihat beberapa pemain RANS ragu-ragu dalam menyerang. Sehingga peluang mencetak poin tidak bisa dimaksimalkan. Sementara di sisa dua menit, Kaleb akhirnya pecah telur. Dia mencetak tembakan tiga angka untuk membuka kran poinnya, sekaligus membuat Dewa United mendekat (21-25). Petaka bagi RANS terjadi di sisa satu detik, di mana Kaleb mencetak buzzer beater three point, untuk membalikkan keunggulan menjadi 26-25.

"Sementara ini sudah bagus, tetapi offense yang buntu, sehingga tidak bisa cetak skor. Sehingga dikejar Dewa United, dan akhirnya kami tertinggal. Kami ingin anak-anak bisa all-out, dan tidak berpikir tentang target," kata asisten pelatih RANS, Abrizalt Hasiholan. 

Anthony Johnson mendulang sembilan angka untuk Dewa United di babak pertama. Berkat Johnson, Dewa United bisa mencetak 14 poin di paint area. Sementara poin terbanyak dari RANS masih belum berubah, yakni Valentino Wuwungan dengan lima poin. Bedanya, bench point RANS lebih unggul dibanding Dewa United (8-6). (*)

Baca Juga: Sengit dan Menegangkan, Hangtuah Pertahankan Kemenangan

0 Comments