News Event

Prawira dan Pelita Jaya Wakil Indonesia di BCL Asia 2024

13 March 2024
|

Dua klub terbaik liga Indonesia akan bersaing di kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Dua tim tersebut adalah Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta, selaku juara dan runner-up IBL Tokopedia 2023. 

Babak kualifikasi BCL Asia 2024 digelar di dua negara. Pertama berlangsung di Ulaanbaatar, Mongolia, pada 3-7 April 2024. Kemudian lanjut Babak Kualifikasi Kedua di Jakarta, Indonesia, pada 23-26 April 2024. 

Prawira Harum Bandung tergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern) dan Mongolia (runner up kompetisi di Mongolia). Kemudian untuk Pelita Jaya akan bersaing mulai dari Grup B dengan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).

Dalam perjalanan menuju BCL Asia 2024, saat Babak Kualifikasi Pertama di Mongolia setiap tim akan bermain sebanyak 3 pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke Qualifier ke-2 yang akan dilaksanakan di Jakarta

Sementara peringkat 2 dan 3 grup akan bertemu silang. Pemenang dari pertemuan tersebut akan melaju ke Tahap Qualifier ke-2 di Jakarta. Dengan begitu, 4 tim akan bersaing di Jakarta untuk perebutkan tiket ke BCL Asia 2024. 

Ketika di BCL Asia, dua tim yang lolos dari persaingan di Jakarta bersaing kembali dengan tim-tim juara di masing-masing negara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina. Juga kemudian wakil terbaik dari Asia Barat Super League untuk menjadi yang klub terbaik di Asia. 

“Ajang ini bukan hanya panggung bagi tim-tim terbaik dari Asia Timur ataupun Asia Tenggara, tapi juga untuk mengukur kualitas mereka di kompetisi antarklub tertinggi di Asia," jelas Hagop Khajirian, FIBA Executive Director dilansir di laman resmi FIBA.(*)

Baca Juga: Prawira dan Pelita Jaya Percaya Diri Tampil di BCL Asia 2024

0 Comments