News Event

Prastawa dan Jawato, Faktor Penting Di Balik Kesuksesan Pelita Jaya

11 October 2024
|

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa tahun 2024 telah menjadi tahun yang indah bagi Pelita Jaya Jakarta. Mereka bukan hanya menjuarai liga dan turnamen di tahun yang sama, namun juga tampil di level internasional dengan performa yang gemilang. Jika melihat prestasi Pelita Jaya tahun ini, maka akan ada nama Andakara Prastawa Dhyaksa dan Brandon Van Dorn Jawato yang menjadi salah satu faktor penting. 

Jika kita membicarakan Prastawa tahun ini, maka akan mengerucut pada penampilannya selama IBL Playoffs 2024, termasuk perannya saat memenangkan seri final melawan Satria Muda Pertamina Jakarta, untuk mengunci gelar juara tahun ini. Prastawa bermain bagus di putaran pertama saat Pelita Jaya menyingkirkan Bali United Basketball Club. Dalam dua laga tersebut, dia mencetak rata-rata 15,5 poin per pertandingan. 

Performa bagus Prastawa berlanjut di fase semifinal. Dia membantu Pelita Jaya memenangkan pertarungan melawan Prawira Harum Bandung dalam dua laga. Di fase ini, Prastawa mengoleksi 10 poin per pertandingan. Meski perannya berkurang di seri final, kehadiran Prastawa sangat penting dalam tiga laga melawan Satria Muda. Prastawa tahu kelemahan Satria Muda, karena sudah berkali-kali bertemu di final liga. Prastawa mencetak 5 poin per pertandingan. Sehingga bila di total, dalam tujuh laga playoffs tahun 2024, Prastawa mencetak rata-rata 9 poin, 1 rebound, 1,9 assist, dan 2 steal per pertandingan. 

Beralih ke Brandon Jawato. Head coach Johannis Winar sudah menjelaskan bahwa Jawato yang mengambil alih tanggung jawab sebagai leader di IBL Oasis+ All Indonesian 2024. Terlihat jelas di babak final di mana Jawato dalam tiga laga final mencetak rata-rata 14,6 poin, 7 rebound, 3,3 assist, dan 2 steal per game. Dia juga punya efisiensi 60 di final kali ini. Namun bukan hanya itu saja yang membuatnya layak jadi MVP. Jawato memimpin pemain-pemain muda Pelita Jaya keluar dari tekanan di Game 3. Dia menyumbang 23 poin, 13 rebound, empat steal, dan dua assist di laga penentuan. 

Jika keduanya tetap ada dalam roster Pelita Jaya musim depan, maka tim ini akan makin solid. Ditambah lagi kepercayaan diri para pemain lokal yang semakin meningkat setelah mereka mampu membuktikan bisa menjadi juara tanpa bantuan pemain asing. (*)

Baca Juga: Brandon Jawato Akhirnya Merasakan Gelar Juara Sesungguhnya

0 Comments