PON Papua : Jawa Timur Rebut Medali Perunggu


Oct 09, 2021

Tim putra Jawa Timur berhasil meraih medali perunggu PON XX Papua setelah menundukkan Jawa Tengah 63-55 di Mimika Sports Complex, Sabtu 9 Oktober.

Dio Tirta Saputra mencetak 17 angka dan sembilan rebound buat Jatim. Ikram Fadhil membuat 14 poin, James Patrick mengemas 11 angka. 

Di kubu Jateng, Habib Titoaji mencetak double-double dengan 16 angka dan 14 rebound. Dandung O’Neal Pamungkas membukukan 13 angka. 

Jawa Tengah sebenarnya memiliki field goals attempt lebih banyak 70 kali kesempatan, tetapi mereka hanya mampu melesakkan 24,3 persen, sementara Jatim mencetak persentase field goals sebesar 39,4 persen dari 66 kesempatan yang mereka dapatkan.

Jatim hanya mendapatkan enam kali lemparan bebas dan lima diantaranya menghasilkan alias 83,3 persen. Jateng memperoleh 24 kali kesempatan free throw, 17 diantaranya berhasil masuk (70,8 persen).

Pertandingan berlangsung ketat sejak awal. Dandung membuka poin lewat dua lemparan bebas dan dibalas dua angka dari Dio. James membuat Jatim unggul, namun disamakan oleh masing-masing satu free throw dari Dandung dan Mario Davidson. Lima menit pertama Jatim unggul 10-4 lewat poin dari Cgristipher Jason Winata, Ikram dan Andreas Marcelino Bonfillio.

Bryan Adha Elang Praditya dan Tifan Eka Pradita memperkecil selisih, Ikram membalas dengan tiga angka. Dandung kembali mencetak poin untuk Jateng. Habib dan Bonfillio berbalas angka. Tembakan dua angka Habib dan duafree throw Bryan menutup kuarter pertama untuk keunggulan Jateng, 16-15.

Andre Rizqiano mencetak angka pertama bagi Jatim pada kuarter kedua, dibalas dengan three points dan drive Dandung, Jateng memimpin 21-17. Andre kembali mencetak angka, namun Habib berhasil melesakkan dua lemparan bebas. Dua free throw Andre dibayar dengan tembakan tiga angka Ramdan Yuwana. Tifan menambahnya dengan poin dari lay up. 

Dio Tirta mendekatkan selisih dengan tembakan tiga angka. Ramdhan membalas dengan cara sama. Andre kembali melesakkan tiga angka, Habib membalas dengan dua angka. Lay up Dio dan Ikram memangkas jarak. Satu free throw Ikram dan lay up dari  Muhammad Naufal Alifio Rizq membuat Jatim berbalik memimpin, 34-33. Jump shot dua angka James dibalas tiga lemparan bebas Dandung, namun lay up James pada detik terakhir menutup babak pertama untuk keunggulan tipis Jatim, 38-36.

Jatim melesat pada awal babak kedua. Poin dari Dio dan Ikram membuat mereka memimpin 47-36. Jateng kemudian membuka poin lewat free throw Mario Davidson.  Dio kembali memasukkan tembakan tiga angka, Habib membalas dengan dua free throw. James dan Habib juga berbalas dua angka, Jatim menutup kuarter ketiga dengan keunggulan sepuluh angka, 52-42.

Dua angka Habib pada awal kuarter terakhir dibalas three points dari James. Qiflan Ovalino Arrazza Asmara membuat dua angka bagi Jawa Tengah. Driving lay up Ikram juga dibalas dua angka Qiflan. Habib dan Naufal berbalas poin. Jatim unggul 59-50 pada waktu tersisa tiga menit.

Mario membuat dua angka dari lemparan bebas, Jatim membalas juga lewat lemparan bebas yang dilakukan Dio. Ramdan sempat memberikan harapan bagi Jateng dengan tembakan tiga angka ketika aktu tersisa 17 detik, namun Naufal membuat angka terakhir dan Jatim memenangkan pertandingan 63-55.