PON Papua : Jatim Beri Kekalahan Ketiga bagi Babel


Oct 04, 2021

Tim bolabasket putra Jawa Timur berhasil menundukkan Bangka Belitung 73-52 pada babak penyisihan grup PON XX Papua di Mimika Sports Complex, Senin 4 Oktober.

Ikram Fadhil mencatat double-double bagi Jatim dengan catatan 14 poin dan 13 rebound. Dio Tirta Syahputra mencetak 17 angka, Andreas Marcelino Bonfillio membukukan 13 poin.

Dari kubu Babel, Aldy Falentino, Antoni Erga dan Febrianus Khiandio masing-masing menyumbangkan sepuluh poin.

Babel sebenarnya mengawali laga dengan cukup baik. Mereka unggul tiga angka lewat tiga lemparan bebas Khiandio yang dibalas dengan tembakan tiga angka Bonfillio.  Jatim berbalik unggul lewat Ikram namun Khiandio berhasil menyamakan kedudukan.

Lima menit awal, Jatim unggul tipis 9-7 sebelum menutup kuarter pertama dengan keunggulan 18-11.

Pada kuarter kedua, Jatim mulai menambak jarak marjin. Anak asuhan pelatih Kencana Wukir ini akhirnya menutup babak pertama dengan selisih 11 angka atas lawannya, 34-23.

Kuarter ketiga, Jatim semakin melaju dan menambah keunggulan dan menutup kuarter ini dengan selisih lebih jauh, 17 poin. Bonfillio dkk memimpin 52-35 memasuki kuarter terakhir.

Babel mencoba menekan lewat full press court pada kuarter keempat, namun Jatim mampu lepad dari tekanan dan terus memimpin hinggga memenangkan pertandingan 73-52. 

Bagi Babel ini adalah kekalahan ketiga mereka setelah sebelumnya ditumbangkan Sulawesi Utara (91-92) dan Bali (58-74). Babel akan memainkan pertandingan terakhir melawan Papua, Selasa 5 Oktober.

Bagi Jatim ini adalah kemenangan kedua setelah sebelumnya mengalahkan Papua 59-56. Ikram dkk menderita satu kekalahan dari Sulawesi Utara (72-76).  Jawa Timur akan memainkan pertandingan menentukan melawan Bali pada Rabu 6 Oktober.

 

Credit Foto : Hari Purwanto