PON Papua : Jateng Tundukkan DKI


Oct 06, 2021

Tim putra Jawa Tengah berhasil melaju ke babak semifinal setelah dalam pertandingan penyisihan grup terakhir PON Papua menundukkan DKI Jakarta 88-82 di Mimika Sports Complex, Rabu 6 Oktober.

DKI Jakarta juga ikut melaju ke babak semifinal menyisihkan Jawa Barat. Ketiga tim, Jateng, DKI dan Jabar memiliki nilai sama 7 dari empat pertandingan yang mereka mainkan. Jabar kalah dalam hitungan head to head diantara mereka bertiga.

Althof Dwira Satrio membuka angka DKI, Mario Davidson mengawali poin Jateng. Three points Ramdhan Yuwana membuat Jateng memimpin 10-6 pada lima menit pertama. Jateng akhirnya menutup kuarter pertama dengan keunggulan 21-14.

Tifan Eka Pradita membuka poin bagi Jateng pada kuarter kedua. Patrick Nikolas, Erlan Perkasa dan Yesaya Saudale membalas dan menipiskan ketinggalan DKI.  Habib Tito Aji, Tifan dan Bryan serta Dandung O’Neal Pamungkas menjaga keunggulan Jateng 39-24. Jateng menutup babak pertama dengan keunggulan 18 angka, 53-35.

Patrick dan Aldy Izzatur Rahman mengawali angka DKI pada kuarter ketiga. Habib dan Bryan membalas dengan masing-masing dua angka. Steanlie dan Patrick mencetak angka bagi DKI dibalas lagi oleh Bryan. Lima menit pertama kuarter ketiga, Jateng memimpin 15 poin, 65-50. DKI tak pernah menyerah dan terus menipiskan ketinggalan poin. Jateng hanya mampu unggul lima angka menutup kuarter ketiga, 71-66.

Aldy dan Ali Bagir menyamakan kedudukan diawal kuarter terakhir, 71-71.Habib memborong poin Jateng, Yesaya dan Erlan membalas. Lima menit terakhir, Jateng unggul dua poin 78-76.

Yesaya menyamakan kedudukan ketika waktu tersisa 3:45 menit, 78-78. Free throw Qiflan Ovalino Arrazza dan dua angka dari Tifan membuat Jateng kembali unggul 81-78. Satu free throw Qiflan dibalas dua angka Daryl Sebastian. Tifan menambah keunggulan Jateng dengan memasukkan tiga lemparan bebas. Ali Bagir melesakkan bola lewat alley oop. Satu free throw Qiflan dan lay up Habib menamatkan perlawanan DKI. Jateng menang 88-82.

Habib mencetak double-double dengan 20 angka dan 13 rebound. Double-double juga dibukukan Bryan dengan 12 angka dan 12 rebound. Tifan mengemas 14 poin,  Mario menambah dengan 13 angka, Ramdhan menyumbang 11 poin.

Patrick menyumbang 16 angka bagi DKI, disusul Steanlie dengan 14 poin dan Aldy mengemas 13 angka.