FIBA Asia Cup : Awal Gemilang Indonesia, Tundukkan Arab Saudi


Jul 13, 2022

Tim nasional Indonesia memulai FIBA Asia Cup 2022 dengan manis. Arki Dikania Wisnu dkk mengalahkan Arab Saudi cukup telak, 80-54 di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Selasa 12 Juli.

Kemenangan merupakan pembalasan setelah dalam dua kali laga kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia, dua kali Indonesia dikalahkan lawan yang sama.

Marques Bolden menjadi pembeda. Bolden yang tidak bermain dalam babak kualifikasi FIBA World Cup bermain gemilang dengan mencatat double double dengan  32 angka, 18 rebound plus enam blok.

Andakara Prastawa Dhyaksa nyaris mencatat double-double dengan raihan 10 poin dan sembilan assist. Abraham Damar Grahita mengemas 13 angka  dan Brandon Jawato menyumbang 10 poin. Derrick Michael Xzaveirro mendulang delapan poin dan 14 rebound.

Dari kubu Arab Saudi satu-satunya pemain yang mencetak dua digit angka adalah kapten tim Muhammad Almarwani dengan torehan 15 poin.

Kemenangan ini menempatkan Indonesia di puncak Grup A dengan nilai dua. Andakara Prastawa dkk unggul produktivitas skor dari Australia yang mengalahkan Yordania 78-60 dalam pertandingan yang berlangsung tepat sebelum game Indonesia vs Arab Saudi.

Dalam pertandingan ini, Coach Milos menurunkan starter Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Brandon Jawato, Derrick Michael, dan Marques Bolden. Sementara pelatih Arab Saudi Mohamed Mounir Youssef Elkerdany menampilkan Marzouq Almuwalad, Ali Shubayli, Mathna Almarwani, Mohammed Almarwani, dan Musab Tariq M Kadi.

Marques Bolden jadi mimpi buruk Arab Saudi pada awal pertandingan. Delapan poin, dua di antaranya lewat sebuah dunk, membawa Indonesia memimpin 10-0 hingga empat menit awal game. Arab Saudi baru bisa memecah kebuntuan saat tembakan tiga angka Mohammed Almarwani melesak mulus ke jaring saat pertandingan memasuki menit kelima.

Poin Almarwani ini menjadi pemicu Arab Saudi untuk mengejar. Arab Saudi mendekat 8-12 saat kuarter pertama tersisa 3 menit 21 detik. Di bawah satu menit, tembakan Nassir Abo Jalas membuat Arab Saudi hanya tertinggal tiga poin 13-16. Namun sebuah under basket Vincent Rivaldi Kosasih membuat Indonesia menutup kuarter pertama dengan keunggulan 18-13.

Memasuki kuarter kedua, pull up jumper Almuwalad membuat Arab Saudi mendekat 15-18, tapi Arki menjauhkannya menjadi 20-15 lewat lay up. Pada kuarter kedua ini, Arab Saudi belum menemukan jawaban untuk menghentikan Marques. Poin demi poin dicetak pemain naturalisasi Indonesia ini, di antaranya lewat dunk dan tembakan tiga angka. Dua tembakan bebas Jawato membuat Indonesia menutup halftime dengan keunggulan 44-30.

Marques menyumbang 11 poin pada kuarter kedua ini. Dalam dua kuarter awal, Marques sudah mengemas 19 angka untuk Indonesia.

Kuarter ketiga, Indonesia sedikit tertahan. Meski demikian, Prastawa dkk masih bisa mencetak 17 poin dan hanya kemasukan 15 angka untuk menjauh 61-45. Kuarter akhir, Arab Saudi  kehabisan bensin. Mereka hanya mencetak 9 angka dan kemasukan 19 poin sehingga menyerah 80-54.