News Event

Playoffs IBL 3x3 Makin Seru Dengan Prawira dan Pelita Jaya

24 September 2023
|

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 seri kedua berlangsung di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, 23-24 September. Di hari pertama, babak penyisihan sudah berjalan penuh kejutan. Sementara Playoffs bakal makin seru dengan kehadiran Prawira dan Pelita Jaya. 

Seperti kita ketahui di seri pertama, Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta tidak lolos ke babak kedua. Tetapi dengan evaluasi dan kerja keras, akhirnya mereka bisa lolos ke playoffs di seri kedua. Pergeseran tim yang lolos playoffs pada seri ini cukup menarik. 

Kita mulai dari Pool A, di mana Amartha Hangtuah Jakarta. Mereka menduduki puncak klasemen dengan hanya satu kemenangan dari Satya Wacana Salatiga dengan skor 13-8. Sebelumnya Hangtuah kalah 10-15 dari Prawira. Sementara Prawira kalah 8-11 dari Satya Wacana. Dengan begitu, semua tim di Pool A mendapatkan satu kemenangan. Sehingga kalau melihat jumlah poin, maka Hangtuah dan Prawira yang berhak lolos ke playoffs. 

Persaingan sengit juga terjadi di Pool B. Bumi Borneo Basketball Pontianak, Bima Perkasa Jogja, dan Mountain Gold Timika sama-sama mengoleksi dua kemenangan. Ketiga tim juga saling mengalahkan. Namun pada akhirnya perhitungan poin memberikan keuntungan pada Bumi Borneo dan Bima Perkasa. Keduanya yang lolos ke playoffs dari Pool B. 

Pool C dikuasai oleh Dewa United Banten. Mereka mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta (19-17), Evos Thunder Bogor (19-9), dan West Bandits Solo (17-15). Mengganti Leonardo Effendy dengan Ferdian Dwi Purwoko berdampak besar pada penampilan Dewa United. Mereka lolos playoffs sebagai juara Pool C. Sementara di posisi kedua ada Satria Muda dengan rekor 2-1. Kedua tim lolos ke babak selanjutnya. 

Kemudian di Pool C, Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan RANS PIK Basketball lolos ke playoffs sebagai juara grup dan runner-up. Hawks awalnya jadi pesaing yang bagus, sampai akhirnya mereka harus menyerah dari RANS. Di grup ini, ada Bali United Basketball Club yang belum bisa keluar dari tekanan. Mereka sudah bermain dua seri, dan tak bisa menembus babak kedua. 

Setelah babak penyisihan usai, fase playoffs akan digelar pada Minggu (24/9). Diawali dari pertandingan Hangtuah melawan Satria Muda, dan Pelita Jaya melawan Bima Perkasa Jogja. Pemenang dari kedua laga ini akan bertanding di semifinal. Kemudian di sisi lain, Bumi Borneo berhadapan dengan RANS, lalu Dewa United melawan Prawira. Pertandingan di babak playoffs ini dipastikan bakal berlangsung sengit dan penuh kejutan. (*)

Baca Juga: Timnas 3x3 Kunci Roster Pekan Ini

0 Comments