Pertarungan Jilid Kedua Antara Prastawa dan Arki di Final IBL


Aug 27, 2022

Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satria Muda Pertamina Jakarta merupakan tim yang unik. Bukan hanya dilihat dari permainannya, tapi juga kontribusi pemain dalam pertandingan. Kalau kita lihat, dalam roster masing-masing klub punya pemain lokal terbaik di Indonesia. PJ punya Andakara Prastawa Dhyaksa, dan SM memiliki Arki Dikania Wisnu. Dikatakan sebagai pemain lokal terbaik, karena mereka berkontribusi paling besar di bawah pemain asing. 

Pertarungan Prastawa dan Arki di Final akan terulang kembali di IBL Tokopedia 2022 ini. Musim lalu, Arki berhasil memimpin SM meraih juara liga, mengalahkan PJ. Kali ini Prastawa berpeluang revans untuk bisa membalas kekalahan mereka di final musim lalu. Ini bakal jadi persaingan yang sengit antara kedua kapten tim. 

Data statistik mencatat bahwa dalam perjalanan IBL Tokopedia 2022, mulai musim reguler hingga Playoffs, Prastawa mampu mencetak 316 poin, 79 rebound, dan 96 assist. Artinya Prastawa bisa berkontribusi rata-rata 11,7 points per game. Tentunya semua sudah tahu kalau Prastawa punya senjata andalan adalah tembakan jarak jauh. Dia bisa mencetak 52 three point made sejauh ini, atau dengan 3PTS Precentage sebesar 34,2%.

Selain itu, Prastawa juga berbahaya kalau sudah memasuki paint area lawan. Dia bisa mencetak 2PTS precentage sebesar 46,2%. Ditambah lagi dengan free throw precentage sebesar 75%. Sebagai point guard utama di tim ini, Prastawa akan jadi pusat dan kreator serangan PJ.

Sebaliknya, Arki juga punya catatan yang tak kalah luar biasa. Sepanjang musim ini hingga semifinal, dia mencetak 241 poin, 93 rebound, dan 97 assist, atau dengan kontribusi poin rata-rata sebesar 9,6 ppg. Meski hanya mencetak 39% untuk 3PTS precentage, tapi Arki bisa memasukkan 2PTS precentage sebesar 43,3%. Ditambah lagi dengan 72,4% dari free throw. 

Kelebihan Arki yang masih ada sampai sekarang adalah penguasaan bola di paint area. Arki punya skill yang mumpuni sebagai ujung tombak. Kalau bola sudah ditangan, dan dia memasuki area perimeter, maka lawan harus waspada terhadap pergerakannya. Selain itu, sebagai kapten tim, Arki disegani baik oleh lawan dan kawan. 

Kedua kapten tim jelas punya motivasi tersendiri di final kali ini. Mereka akan memimpin tim untuk mencetak sejarah baru. Final IBL Tokopedia 2022 akan dimulai pada hari Sabtu, 27 Agustus, di GOR C-Tra Arena, Bandung. (*)