Pertarungan Dua Pelatih Asal Eropa di Quarter Finals IBL Indonesia Cup 2022


Nov 10, 2022

IBL Indonesia Cup 2022 sudah memasuki babak quarter finals, dimana juara dan runner up dari masing-masing grup saling berhadapan satu sama lain. Quarter finals yang menggunakan sistem gugur ini akan diselenggarakan pada hari Kamis (10/11), di Sritex Arena, Solo. Dimulai dengan pertarungan antara Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan West Bandits Combiphar Solo. 

PJ berstatus sebagai juara Pool C, dengan rekor 3-0 alias sapu bersih di babak penyisihan. Sementara West Bandits merupakan runner up Pool D yang menang dua kali dari tiga pertandingan. Menariknya, kedua tim sama-sama memiliki pelatih asing yang berasal dari Eropa. PJ kini diasuh oleh Djordje Jovicic asal Serbia, sedangkan West Bandits punya arsitek dari Lithuania bernama Nedas Pacevicius. 

Keberadaan dua pelatih ini memberi warna baru bagi bola basket Indonesia. Permainan disiplin khas Eropa ditampilkan oleh PJ dan West Bandits. Namun belum sepenuhnya sempurna jika dilihat dari babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022. PJ sendiri sudah bagus dalam defense dan offense. Tetapi para pemain masih melakukan kecerobohan dalam penguasaan bola. Mereka masih banyak membuat turnovers, yang sangat berbahaya kalau bertemu dengan lawan yang bisa memanfaatkan kesalahan tersebut. 

Sementara dari West Bandits, mereka tampak bagus dalam menyerang dan bertahan. Hanya saja, semua itu diperlihatkan oleh pemain starter saja. Barisan pemain cadangan West Bandits terlihat sangat timpang. West Bandits butuh memaksimalkan pemain bench agar bisa melakukan rotasi selama pertandingan berlangsung. Data statistik memperlihatkan kalau PJ dan West Bandits sama-sama bagus dalam field goals dengan persentase di atas 40%. Pembedanya hanya satu, yakni di kontribusi pemain bench. 

Jangan lewatkan pertandingan quarter finals pertama di IBL Indonesia Cup 2022, yang berlangsung di Sritex Arena Solo. Tip-off dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. (*)