Bermula dari Mimpi: Samuel Devin, Kevin Moses & Andre Adriano Raih Penghargaan IBL Award 2021


May 22, 2021

Samuel Devin Susanto dari KAI Bima Perkasa Jogja akhirnya terpilih sebagai Rookie of The Year IBL Pertamax 2021. Samuel meraih angka 239, mengungguli Patrick Nikolas (West Bandits/166), Joseph Desmet (Bali United/115), Rio Disi ((West Bandits/92) dan Rico Aditya (Bali United/90). 

"Saya berterima kasih atas kepercayaan pelatih dan teman-teman dan berusaha menjalankan instruksi," kata Samuel.

Kapten Louvre Dewa United, Kevin Moses Poetiray dinobatkan sebagai Most Improved Player of The Year.  Meraih total nilai 226, Kevin unggul atas Antoni Erga (Satya Wacana/129), Agassi Goantara (Pelita Jaya/128), Yonatan (Pacific Caesar/121) dan Indra Muhammad (Bima Perkasa Jogja/98).

Kevin membayar kepercayaan pelatih Andika Supriadi Saputra dengan bermain.  "Kevin pemain unik dan punya talenta. Saya percaya dia akan bisa lebih baik lagi," kata Andika.

Andre Adriano juga menjalani musim ini dengan cemerlang, setelah masuk dalam klub 1.000 angka, pemain West Bandits Solo ini berhak atas penghargaan Sixth Man of The Year. Andre mendapatkan total nilai 211 menyisihkan Samuel Devin yang memperoleh 165 poin, Alexander Franklyn (Satya Wacana/141), Yo Sua (Bali United/114) dan Stevan Wilfredo Neno (Amartha Hangtuah/71).

Point guard Indonesia Patriots, Yudha Saputera memperoleh 218 angka menyisihkan rekan-rekan satu timnya , Ali Bagir (160), Muhammad Arighi (130), Aldy Izzatur Rachman (98) dan Kelvin Sanjaya (96) untuk meraih gelar Most Inspiring Young Player.

Gelar Coach of The Year menjadi milik David Singleton (Bima Perkasa) yang mengumpulkan 209 angka, lebih tinggi dari Milos Pejic (Satria Muda Pertamina/200) dan Ocky Tamtelahitu (Pelita Jaya/185).

Sementara itu naturalisasi lokal Louvre Dewa United, Jamarr Andre Johnson  memborong dua gelar sebagai Defensive Player of The Year dan Most Valuable Player. 

Penilaian dilakukan oleh 27 orang terdiri dari pelatih dan asisten pelatih masing-masing klub peserta IBL dan tiga media analis basket yaitu MainBasket, Basketballstatistic dan Ridwan Ongkowidagdo. 

"Sistem penilaian sudah bagus terlepas dari sudut pandang masing masing pemilih. Saya berharap ke depannya lebih banyak stake holder dan analis yang ikut memberikan penilaian tentu berdasarkan obyektivitas dan data," kata Ridwan.

Penghargaan akan diberikan disela pertandingan pertandingan fase kedua IBL Pertamax 2021 di Britama Arena Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta, 23 Mei-6 Juni.