Persaingan IBL Gojek 3x3 Bakal Makin Sengit di Seri Ketiga


Sep 16, 2022

Perjalanan IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 sudah sampai di seri ketiga. Seri ini bakal dimainkan pada 17-18 September di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya. Di seri kali ini ada tiga tim yang patut mendapatkan sorotan, karena ada di tiga besar tour standing tahun ini. 

Tour standing menunjukkan angka yang didapatkan tim dari poin sesuai peringkat yang dihasilkan tiap seri. Sebagai pedoman untuk menghitung angka-angka ini adalah FIBA 3x3 Team Tour Set-Up Guide. Dari sini kita bisa melihat sejauh mana performa tim-tim IBL 3x3 yang turun di kategori Elite. 

Saat ini Satria Muda Pertamina Jakarta menduduki puncak klasemen tour standing dengan nilai 170. Angka ini dihasilkan dari poin 100 saat menjuarai seri Bali, dan poin 70 karena gugur di semifinal seri Yogyakarta. Di bawah SM, ada Bima Perkasa Jogja yang mengumpulkan nilai 160. Mereka dua kali masuk final namun gagal menjadi juara. 

Sementara di peringkat ketiga ada Prawira dengan nilai 118. Meski juara di seri Yogyakarta, mereka gagal total di seri Bali. Sehingga hanya mengumpulkan 18 poin saja. Di bawah Prawira, ada RANS PIK Basketball yang notabene selalu menang di babak penyisihan grup, tapi gugur di babak perempat final. 

Itulah empat besar tour standing IBL 3x3 Indonesia Tour 2022 sampai seri Yogyakarta. Besok, 17 September, akan dimulai seri ketiga. Persaingan bakal lebih sengit dari sebelumnya. Karena ada kemungkinan tim-tim kembali melakukan rotasi pemain. Kalau SM menurunkan tim seperti seri pertama, mereka bakal sangat berbahaya. Tapi Prawira dan Bima Perkasa juga punya motivasi untuk menang. Prawira ingin mengulang sukses seperti di seri kedua, sedangkan Bima Perkasa masih penasaran dengan performa mereka. Karena tidak pernah menang di final. 

Tak kalah menariknya untuk melihat dua tim dari Kota Pahlawan, yakni Pacific Caesar Surabaya dan Dewa United Surabaya. Untuk saat ini, Pacific lebih baik dengan menghasilkan 82 poin, dan berada di peringkat ketujuh. Sebaliknya Dewa United malah ada di peringkat ke-13. 

Jangan lupa, bagi IBL Fans yang ada di Surabaya, kalian bisa menyaksikan pertandingan ini secara langsung. Sementara itu, seluruh pertandingan disiarkan melalui channel Youtube IBL TV. (*)