Persaingan di Kategori Open Women Makin Sengit dengan Klub dan Pemain Ternama


Sep 25, 2022

IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 seri Surakarta berlangsung pada 24-25 September. Pusat perhatian IBL Fans tentunya tertuju pada kategori Elite. Tapi sebenarnya, mereka tidak boleh berpaling dari kategori lain. Apalagi untuk Open Women. Karena di kategori ini pesertanya cukup mengejutkan. Ada klub-klub basket wanita yang sudah punya nama besar, mereka juga diperkuat para pemain andalannya. 

Untuk kali ini, ada 8 peserta yang ikut kategori Open Women. Di sini, muncul tim-tim yang mengejutkan antara lain GSBC, Sahabat Semarang dan GMC. Dua klub terakhir merupakan peserta dari Srikandi Cup, liga bola basket wanita yang kini sudah tidak aktif lagi. Namun kedua klub tersebut masih membina pemain-pemain wanita. 

Meski masih tercatat sebagai klub amatir, GSBC kali ini membawa tim yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka berisi pemain-pemain yang sudah pernah tampil di liga, seperti Regita Pramesti, Stella Fabiola, dan Sophia Rebecca Adventa. 

Regita atau yang akrab disapa Tata ini sudah malang melintang di 3x3. Dia pernah berseragam timnas Indonesia dalam beberapa kesempatan. Seperti di FIBA 3x3 U18 World Championship tahun 2015, International Women Pro-Tournament - Chengdu Challenger 2018, FIBA 3x3 U23 Nations League 2018, dan terakhir menjadi runner-up di IBL Gojek 3x3 Seri Bali. Stella bersama GSBC juga menjadi runner-up di IBL Gojek 3x3 Seri Yogyakarta. Dan, Sophia Rebecca adalah pemain timnas Indonesia di FIBA 3x3 U18 World Cup 2019.

Sahabat Semarang juga tak mau kalah. Mereka membawa tim terbaiknya yang pernah diturunkan di liga wanita. Mereka adalah Egi Miftakhul Jannah, Nabila Andini, Nia Titin Sulistyarini, dan Intan Girga. Sementara dari GMC juga menurunkan kekuatan terbaiknya, yakni Arsya Febriani, Maura Agita Avrilia, Nurlaela Azhara, dan Deniece Gunarto. Nama belakang pemain terakhir GMC ini memang tidak asing. Karena memang dia adalah putri pemilik klub sekaligus legenda bola basket Indonesia, Wahyu Gunarto atau yang dikenal juga sebagai Njoo Lie Wen. 

Selain tiga tim tersebut, ada tim bernama Ranccy yang cukup menarik perhatian. Sebab, mereka diperkuat pemain-pemain yang sudah lama menghilang dari liga basket wanita, yaitu Raisa Aribatul Hamidah dan Pauline Clara Ananta. 

Raisa dulu dikenal sebagai pemain andalan Surabaya Fever, dia sudah beberapa kali meraih gelar juara bersama Fever. Tapi di 3x3 sendiri, dia cukup diperhitungkan. Raisa pernah tampil membela timnas Indonesia di FIBA 3x3 World Championships 2018. Dia juga pernah menjadi juara IBL Gojek 3x3 di Yogyakarta pada tahun 2018 bersama tim Prancis. Raisa berhenti dari basket profesional karena ingin fokus mengurus anak dan keluarganya. Sementara itu, Pauline dulunya pernah eksis di basket profesional bersama tim Merpati Bali. Namun karena cedera, dia akhirnya memilih berhenti dari basket profesional. 

Setelah melewati penyisihan hari pertama, keempat tim di atas yang berada di posisi teratas klasemen.Hari ini, 25 September 2022, akan ada penentuan siapa yang masuk semifinal, sekaligus menentukan juara dari kategori ini. (*)