Perjalanan Pelita Jaya Menuju Final IBL Tokopedia 2022


Aug 25, 2022

Pelita Jaya Bakrie Jakarta menapaki musim yang luar biasa di IBL Tokopedia 2022. Mereka menjadi tim terbaik di reguler season, lalu masuk Final untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. PJ punya modal untuk menjadi juara tahun ini. 

Perjalanan PJ diawali dengan mengambil rookie potensial di Draft IBL. Mereka memasukkan nama bintang-bintang basket muda tanah air seperti M. Arighi, Yesaya Saudale, Hendrick Xavi Yonga, hingga Fernando Manansang. Sedangkan kerangka tim utama tidak berubah sejak musim lalu, yakni Andakara Prastawa Dhyaksa, Vincent Kosasih, Reggie Mononimbar, Govinda Julian Saputra, dan M. Hardian Wicaksono. 

Untuk formasi pemain asing memang berubah-ubah. Awalnya PJ memilih Dior Lowhorn dan Kevin Bridgewaters. Namun dalam perjalanannya, PJ mengganti Bridewaters dengan Di'Mar Hill. Sementara di Playoffs, Hill tidak bisa datang sehingga digantikan oleh Decardo Day. Pergantian tersebut tidak memberi pengaruh besar, karena mereka sudah punya kerangka tim yang kuat. 

PJ menjadi tim terkuat di liga dengan memenangkan 20 pertandingan dari total 22 game di reguler season. Uniknya, dua kekalahan tersebut dibuat saat mereka berhadapan dengan Prawira Bandung. Sementara Prawira malah tidak lolos ke final setelah kalah 1-2 dari Satria Muda Pertamina Jakarta di fase semifinal. 

Memasuki fase Playoffs, PJ mendapatkan sedikit ganjalan dari RANS PIK Basketball. Tim baru milik Raffi Ahmad, yang sukses masuk Playoffs di musim debutnya. PJ di game pertama menang 74-66, tapi RANS membalas di game kedua dengan keunggulan 65-58. Lalu di game do-or-die, PJ bisa mengakhiri perlawanan RANS dengan skor akhir 93-86. 

Di babak semifinal, PJ malah tampil lebih baik. Mereka sapu bersih dua game atas West Bandits Combiphar Solo. PJ menang 80-71 di game pertama, dan menang 86-71 di game kedua. Game terakhir ini berlangsung sengit di mana PJ sempat tertinggal 19 angka, lalu membalikkan keadaan di second half.

PJ harus fokus menghadapi SM di final ini. Karena mereka berpeluang mendapatkan gelar keempat sepanjang sejarah tim. Karena PJ sudah pernah juara liga di tahun 1990, 1991, dan 2017. Jadi jangan lewatkan laga final game pertama yang akan digelar pada 27 Agustus 2022 di GOR C-Tra Arena Bandung. (*)