News Event

Peringkat di Klasemen Bukan Jaminan di Playoffs

19 July 2024
|

IBL Playoffs 2024 makin panas ketika Borneo Hornbills berhasil menumbangkan Dewa United Banten, Kamis malam (18/7). Borneo membuktikan bahwa peringkat di klasemen musim reguler hanyalah deretan angka. Sebab, ketika memasuki babak playoffs, semua tim akan mengerahkan segalanya untuk memenangkan pertandingan. 

Pekan lalu, IBL Fans disuguhi pertarungan sengit di First Round hingga harus ditentukan melalui Game 3. RANS Simba Bogor sempat menyamakan kedudukan (1-1), sebelum kalah dari Prawira Harum Bandung. Sementara Satria Muda Pertamina Jakarta, harus bersusah payah hingga Game 3 untuk menyingkirkan Kesatria Bengawan Solo dengan keunggulan 2-1. 

Sementara di pekan ini, setelah Pelita Jaya Jakarta menundukkan Bali United Basketball, IBL Fans disuguhi pertarungan sengit antara Borneo Hornbills melawan Dewa United Banten. Pertandingan ini dimenangkan oleh Borneo dengan jarak 14 poin (90-76). 

Di atas kertas, Dewa United adalah unggulan pertama, yang berhasil menyelesaikan musim reguler dengan rekor 22-4. Sedangkan Borneo adalah unggulan kedelapan dengan rekor 11-15 di klasemen akhir musim reguler IBL Tokopedia 2024. 

Dewa United menang 2-0 di musim reguler atas Borneo. Fakta lain menyebutkan bahwa sebelum Game 1 IBL Playoffs 2024 antara kedua tim, Borneo belum pernah menang dari Dewa United sejak tahun 2022. Tapi kali ini, Borneo menunjukkan ketangguhannya, dan berhasil mencetak sejarah di IBL. 

Data IBL mencatat bahwa Borneo merupakan tim unggulan kedelapan pertama yang berhasil memenangkan Game 1 sepanjang playoffs. Ini menjadi rekor baru yang patut diberi apresiasi atas perjuaangan mereka. Meski sepanjang perjalanan liga, pada tahun 2022 lalu, RANS sebagai unggulan kedelapan, bisa mencuri satu kemenangan dari Pelita Jaya yang menempati unggulan pertama. Bedanya, RANS menang di Game 2. Sedangkan Borneo membuat kejutan dengan memenangkan Game 1. 

"Ini semua tentang persiapan," kata head coach Borneo, Ismael Tan. "Saat kami menjalani game terakhir reguler season melawan Prawira, sebenarnya kami sudah mencoba strategi untuk menghadapi Dewa United. Kami terus mematangkan strategi tersebut setelah musim berakhir. Hasilnya bisa kita lihat sekarang. Kami tinggal satu pertandingan lagi menuju semifinals."

Dengan mencuri satu kemenangan, kini tekanan ada pada Dewa United. Namun mereka punya home advantage, di mana Game 2 dan Game 3 (jika diperlukan) akan berlangsung di kandang mereka. Namun Borneo sudah punya modal satu kemenangan. Sehingga mereka bisa lebih percaya diri ketika berkunjung ke Dewa United Arena, Sabtu ini. (*)

Baca Juga: Regular Season Usai, Inilah Skema Playoffs IBL Tokopedia 2023

0 Comments