News Games

Perbasi Siapkan Banyak Opsi di TC Timnas

11 February 2022
|

PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional merevisi jadwal trining camp (TC) Timnas Bolabasket Indonesia. Rencana awal, tim yang dipersiapkan menatap window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia gelar TC di Jogjakarta usai Seri III IBL Tokopedia 2022 yang dijadwalkan pada 10-16 Februari 2022. Menyusul perkembangan kompetisi terkini, pelaksanaan TC dimajukan dan berubah tempat di Jakarta. 

"Per 9 Februari, semua pemain yang dipanggil TC akan mulai masuk hotel untuk diinapkan di sana sampai keberangkatan tim tanggal 20 Februari ke Arab Saudi. Berangkat ke Arab rencananya tanggal 20 Februari malam," ungkap Sekretaris BTN Cyrus Harsaningtyas.

Ya, TC Timnas Bolabasket Indonesia digelar lebih cepat karena berubahnya jadwal IBL. Jadwal Seri II Bandung tidak bisa dieksekusi sampai tuntas demi keselamatan menyusul banyak pemain terpapar Covid 19. Penundaan ini berimbas pada jadwal Seri berikutnya, Jogjakarta. Situasi tersebut membuat IBL memutuskan lanjutan kompetisi dieksekusi Maret nanti sambil memberikan waktu bagi tim dan pemain memulihkan diri pasca terganggu Covid 19.

Pada Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023, perjuangan Timnas Bolabasket Indonesia diawali dengan menantang tuan rumah Arab Saudi. Kata Cyrus, pertandingan akan dilakukan di Jeddah pada 24 Februari. Kemudian untuk melawan Jordania akan dilaksanakan di Amman tiga hari kemudian.  

Untuk hadapi dua pertandingan di Fabruari ini, Timnas Bolabasket Indonesia akan diperkuat pemain yang ada di luar negeri. Di antaranya Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Agassi Goentara. Ketiganya sudah tiba di Jakarta dan akan dipastikan membela Timnas di bulan Februari ini. 

"Total ada 21 pemain untuk TC kali ini tapi yang berangkat ke Arab nanti 12 pemain.  Kami sengaja memanggil nama sebanyak ini untuk jaga-jaga misal di perjalanan ada yang positif atau cedera. Harapan dari BTN untuk dua pertandingan ini adalah meraih hasil yang maksimal dan harus lebih baik dari hasil yang didapatkan di _window_1 Kualifikasi FIBA World Cup 2023," ujar Cyrus yang juga Bendahara Umum PP PERBASI.

Pada window pertama lalu, Andakara Prastawa dkk menelan dua kali kekalahan. Keduanya diterima dari Lebanon pada November tahun lalu. Dua pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, itu berakhir 38-96 dan 64-110. 

Selama mempersiapkan diri di Jakarta, Timnas Bolabasket Indonesia menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. Selama tinggal di hotel, para pemain dan ofisial tim tidak bisa berinteraksi secara fisik dengan penghuni hotel lainnya. Demikian juga selama latihan. 

"Jadi kita punya dua dedicated floor agar tidak bercampur dengan tamu lainnya di hotel. Kita juga akan diberikan dedicated elevator dan tempat pemain dan official makan pun akan diatur sedemikian rupa di lantai yang khusus untuk para pemain dan official Timnas. Sementara untuk tempat latihan akan tetap dilakukan di GBK Arena dengan menggunakan dedicated bus untuk transportasinya," jelas Cyrus

Baca Juga: PP Perbasi Hadirkan Wajah Baru di Ulang Tahun 70

0 Comments