News Event

Danny Kosasih di Mata Rony Gunawan

13 September 2024
|

Kepergian Danny Kosasih membuat seluruh insan basket berduka. Di mata Rony Gunawan, sosok mendiang Suk Danny tidak bisa dipisahkan dari pembinaan olahraga bolabasket di Indonesia. Salah satu yang dia kagumi adalah tidak pernah lelah dalam mencari bibit atlet dari seluruh Indonesia. 

Danny Kosasih telah memimpin PP Perbasi selama dua periode, yaitu pada masa 2015-2019, dan 2019-2024. Semasa kepemimpinannya, beberapa prestasi di dunia bola basket Indonesia telah diraih seperti emas Timnas Basket Putra di SEA Games Vietnam 2022, emas Timnas Basket Putri di SEA Games Kamboja 2023.

Prestasi-prestasi inilah yang membuat kagum para insan basket. Termasuk Rony Gunawan, salah satu legenda bolabasket Indonesia, yang sempat menjabat sebagai manajer timnas basket Indonesia. Salah satu kiprah Danny Kosasih yang diingat Rogun adalah tentang pembinaan usia dini. 

"Saya kira, semua insan basket indonesia pasti merasa kehilangan," ungkapnya. "Apalagi dengan usian beliau, ternyata masih semangat untuk ikut mencari bibit pemain. Saya juga sangat kagum terhadap sosok beliau. Dia tidak pernah mengeluh capek, dia selalu menyempatkan kalau ada event atau kejuaraan."

Mendiang Danny Kosasih juga sempat aktif di basket profesional. Dia pernah menjadi head coach Satya Wacana di awal tim tersebut mengarungi liga profesional. Namun ajaran yang tetap diingat Rogun bukan hanya tentang basket saja, melainkan membangun karakter yang baik. 

"Danny Kosasih itu mengajarkan karakter yang baik. Karena ini menjadi penting, karena jika ada pemain yang tidak lagi bermain basket, nantinya dengan memiliki karakter yang baik, maka bisa jadi berguna bagi sekitarnya," pungkas Rogun. (*)

Baca Juga: Berani Mencoba demi Masa Depan

0 Comments