Perasaan Derrick Sedih dan Gembira Menerima Beasiswa NBA


Oct 26, 2020

Pemain muda tim nasional Indonesia, Derrick Michael Xzavierro siap menerima tawaran beasiswa penuh NBA Academy untuk melanjutkan studi ke Australian Institute of Sports (AIS) di Canberra, Aistralia.

“Saya siap menerima beasiswa tersebut, walau rasanya campur antara gembira dan sedih. Sedihnya harus berpisah dengan Mama dan keluarga ,” kata Derrick ketika dihubungi Sabtu (24/10) malam.

Derrick menerima surat pemberitahuan dari NBA Global Academy yang ditanda tangani oleh Eugene Park (NBA Elite Basketball Talent Identification).

Proses penawaran ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. “Bulan Maret lalu, saya menerima kontak dari mereka. Mama saya juga dihubungi. Tak ada proses pendaftaran, mereka yang melakukan pemantauan,” ceritanya.

Derrick belum tahu kapan akan berangkat ke Australia. “Kalau tidak ada Covid-19, sebenarnya saya sudah dinanti. Saat ini juga masih ada beberapa urusan akademis yang harus diselesaikan,” katanya.

Derick nanti juga akan menjalani masa persiapan sebelum studi. “Ada masa preparasi studi, tetapi untuk latihan bersama bisa langsung ikut serta,” katanya. “Bila tim nasional Indonesia membutuhkan saya untuk membela tim, mereka juga akan mengijinkan,” sambungnya.

Saat ini Derrick masih berlatih bersama tim nasional Indonesia menghadapi Kualifikasi FIBA Asia 2021 yang rencananya akan digelar November nanti dengan sistem gelembung di satu negara.

Selamat, Derrick, tapi ingat ini baru pembuka, jalanmu masih panjang untuk menjejakkan kaki di NBA. Tetapi semangat dan berjuang. Seluruh rakyat Indonesia mendukung dan mendoakanmu.