Derrick Michael Gabung GCU, dan Bakal Tampil di NCAA


Apr 14, 2022

Kabar gembira datang dari salah satu pemain basket masa depan Indonesia, yakni Derrick Michael Xzavierro. Setelah menimba ilmu di NBA Academy, dia akan melanjutkan kariernya di Amerika Serikat. Derrick bergabung dnegan Grand Canyon Univesity, dan bakal dipastikan tampil di NCAA Divisi 1. 

Derrick dianggap sebagai salah satu aset berharga bagi basket Indonesia. Tingginya sudah mencapai 2,03 meter. Olahraga basket juga sudah jadi pilihan pemain berdarah campuran Kamerun-Indonesia itu. Pengalaman bertanding di beberapa turnamen internasional, seperti ASEAN School Games 2019 memang sudah dikantungi Derrick. Bahkan Derrick bisa bermain saat Indonesia menghadapi Korea Selatan di FIBA Asia Cup Qualifiers pada tahun 2020. 

Setelah tampil di jendela (window) pertama kualifikasi Piala Asia FIBA 2021, Derrick merasa banyak sekali ilmu basket yang belum dipelajari. Namun setidaknya, bersama timnas senior ia bisa menaikkan kepercayaan dirinya. Ditambah lagi, pemain-pemain senior memberi arahan saat latihan. Derrick sebelumnya sudah pernah masuk seleksi timnas Indonesia senior. Saat itu, masih dipimpin oleh Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati. 

Kesempatan emas menghampirinya setelah itu. Derrick bergabung dengan NBA Global Academy. Sebuah program pelatihan basket, yang bertempat di Basketball Australia (BA) Centre of Excellence di Institut Olahraga Australia (AIS) di Canberra, Australia. NBA Global Academy merupakan pelatihan bagi calon-calon pemain terbaik dari luar Amerika Serikat. 

Dia sebelumnya sempat mengikuti program  Jr. NBA di Indonesia tahun 2017. Xzavierro juga menjadi bagian NBA Academy pertama yang diseleksi melalui NBA Global Scout, sebuah program pengembangan dan pencarian bakat bola basket yang dapat diakses melalui HomeCourt, aplikasi pelatihan bola basket berteknologi AI yang menjadi mitra resmi NBA. NBA Global Academy menyiapkan pemain untuk usia Sekolah Menengah Atas terbaik dari luar Amerika Serikat dengan pendekatan holistik untuk mengembangkan pemain. 

Kabar gembira terus belanjut. Setelah menimba ilmu di Canberra, Australia, Derrick mengumumkan bahwa dirinya resmi menjadi bagian dari Grand Canyon University (GCU). Kabar tersebut ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya. 

"Sangat bersemangat untuk mengumumkan bahwa saya telah berkomitmen secara lisan ke Universitas Grand Canyon. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua "keluarga saya" di NBA Academy, pelatih, dan rekan satu tim yang telah membawa saya ke titik ini. Terima kasih untuk ibuku, aku bersyukur atas pengaruhmu dalam hidupku, atas kehadiranmu, atas doa & cintamu. #LopesUp _," tulis Derrick.

Dengan melanjutkan studi di Grand Canyon University (GCU) artinya Derrick berkesempatan tampil di NCAA Divisi 1. Karena GCU tergabung di Western Athletic Conference (WAC). Hebatnya lagi, Derrick akan dilatih oleh Bryce Drew. Pada 2021, Drew memimpin GCU meraih gelar juara musim reguler WAC dan lolos ke turnamen nasional (March Madness). (*)

 

Credit Foto: FIBA