Pemain-pemain Satria Muda yang Pertama Kali Juara Liga


Sep 01, 2022

Satria Muda Pertamina Jakarta mendapatkan gelar juara ke-12, setelah menang di Final IBL Tokopedia 2022. Namun, meski sudah sering juara, ternyata masih ada momen-momen emosional. Khususnya bagi mereka yang pertama kali meraih gelar juara sebagai pemain profesional. 

Pemain yang pertama kali meraih gelar juara liga profesional saat SM juara tentunya adalah pemain rookie. Ada dua nama yang masuk kategori ini. Dia adalah Kresna Kurnia Aji dan Kelvin Sanjaya. Kresna diambil dari IBL Draft 2021 Putaran pertama. Secara keseluruhan dia merupakan pemain urutan ke-14. Musim ini dia mendapatkan kesempatan bermain 6 kali dengan rata-rata 6,3 menit per game. Sementara Kelvin sudah punya pengalaman di liga, karena musim 2021 sempat bergabung dengan Indonesia Patriots. 

Momen emosional juga dirasakan oleh Antoni Erga. Pemain yang baru pindah ke SM musim ini. Setelah dua musim bersama Satya Wacana Salatiga, Erga direkrut oleh SM. Kepindahannya membawa berkah, karena baru satu musim dia sudah merasakan gelar juara. Namun kalau dilihat dari kontribusinya, Erga juga pemain yang luar biasa musim ini. Dia mencetak 4,1 ppg, 2,5 rpg, dan 2,1 apg bersama SM. Keberadaan Erga di bench SM membuat transisi skuad antara inti dan cadangan tidak berbeda jauh. 

Namun yang paling epik adalah momen kemenangan yang ditunjukkan oleh dua pemain asing SM, yakni Elijah Foster dan Brachon Griffin. Faktanya kedua pemain asing tersebut baru pertama kali meraih gelar juara. Foster musim ini menjadi salah satu pemain kunci SM dengan kontribusi 17,5 ppg dan 11,6 rpg. Untuk merayakan kemenangan, Foster menggunting salah satu jaring di ring GOR C-Tra Arena Bandung. 

Sementara momen kemenangan sangat terasa saat Brachon Griffin memeluk ayahnya, yang berdiri di salah satu sisi lapangan. Griffin juga pertama kali meraih gelar juara, meski sudah bermain di liga-liga internasional sejak 2016. Ledakan Brachon Griffin sangat terasa sejak Playoffs hingga Final IBL Tokopedia 2022. Dia bisa mencetak 10,3 ppg, 4,5 rpg, dan 3,2 apg dari bangku cadangan. 

Namun perannya di Final IBL Tokopedia 2022 lebih besar lagi. Oleh sebab itu, dia terpilih sebagai MVP Final IBL. Momen tersebut juga dirayakan bersama ayahnya. Di akun Instagram-nya, Griffin menuliskan ucapan terima kasih kepada fans, keluarga, dan kerabat yang memberinya doa dan ucapan selamat. Ini menjadi momen-momen yang bersejarah bagi para pemain tersebut. (*)