Pemain Asing Terbaik Shavar Newkirk Kembali Bersama NSH


Oct 14, 2022

NSH Mountain Gold Timika mempertahankan Shavar Newkirk untuk musim 2023. Mereka mengambil kembali Foreign Player of the Year pada IBL Draft 2022 di First Round. Pemain asal New York ini memang pantas dipertahankan. Mengingat perannya cukup besar dalam membantu NSH musim lalu. 

Banyak catatan fantastis dari Shavar Newkirk selama musim 2022. Tampil dalam 33,7 menit per game, dia bisa mencetak 20,8 ppg untuk musim reguler hingga playoffs. Newkirk bermain cukup efektif dengan 2PTS precentage sebesar 46,0%, three point 25,8%, dan free throw 66,3%. Catatan tersebut masih ditambahkan dengan 8,6 ppg, 4,6 apg, dan 2,1 spg. Jadi fans NSH pasti senang kalau pemain kelahiran 6 Mei 1996 tersebut masuk roster tim kesayangannya lagi. 

Selain pemain asing terbaik, catatan statistik Newkirk juga menempati peringkat lima besar di musim lalu. Dia punya average point tertinggi di liga, kemudian rata-rata assist tertinggi kedua, dan average steal terbaik ketiga di IBL. Kehebatan lain dari Newkirk adalah fisik dan fokusnya dalam pertandingan. Tentu IBL Fans masih ingat kalau Newkirk menjadi pemain asing satu-satunya di tim NSH selama regular season. Karena waktu itu Mike Glover tidak bisa datang. 

Meski ada Newkirk, namun ada pembeda di musim 2023 nanti. Karena pelatih Anthony Garbelotto kini sudah menangani Bali United Basketball. Jadi bakal menarik untuk melihat bagaimana pelatih baru NSH membuat skema permainan untuk Newkirk di musim depan. (*)