Pelatih-pelatih IBL di PON XX Papua


Sep 29, 2021

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bukan hanya sekedar ajang pamer kemampuan para pemain muda, khususnya bagi mereka yang sudah bermain di Indonesian Basketball League. Ternyata banyak juga pelatih-pelatih yang ikut berperan di event empat tahunan tersebut. Sehingga membuat ajang ini semakin bergengsi.

Ada beberapa pelatih tim IBL yang kini sedang memimpin timnya di PON. Sebut saja Efri Meldi yang baru saja pindah dari Satya Wacana Saints Salatiga ke Tangerang Hawks Basketball. Dia akan memimpin tim Bangka Belitung. Menariknya, Bangka Belitung berisi enam pemain Satya Wacana, termasuk dua pemain yang sedang naik daun, Antoni Erga dan Alexander Franklyn. 

Kemudian ada Jerry Lolowang. Mantan kapten tim Satya Wacana, yang kini menjabat sebagai head coach baru Satya Wacana untuk IBL musim depan. Dia akan memimpin tim Papua. Ada pula I Gusti Rusta Wijaya sebagai asisten pelatih Bali United Basketball di IBL, yang akan membesut tim PON putra Bali. 

Selain pelatih yang aktif, ada pula mantan-mantan pelatih IBL yang juga turut andil dalam ajang PON. Seperti Kencana Wukir yang memimpin tim putra Jawa Timur. Dia pernah membesut Pacific Caesar Surabaya, termasuk merebut gelar Coach of the Year IBL 2018. Lalu ada Tondi Raja Syailendra, yang sempat melatih Hangtuah di IBL 2016. Kini Tondi bertugas sebagai nahkoda tim putra DKI Jakarta. 

Pemain-pemain legendaris IBL juga tak ketinggalan. Ada Denny Sartika, mantan point guard Bima Sakti Malang, ternyata masuk dalam staf pelatih tim putra Jawa Tengah. Lalu ada Andrie Ekayana Satya Santosa. Pemain yang akrab disapa Yayan, yang pernah membela Bima Sakti, CLS, dan Hangtuah itu juga masuk dalam staf kepelatihan tim putra Jawa Timur. 

PON merupakan ajang bergensi bagi provinsi di Indonesia. Mereka berlomba-lomba untuk memamerkan potensi daerah masing-masing. Termasuk juga di cabang olahraga bola basket. (*)