Pedoman Latihan Klub IBL Akan Selaraskan Arahan PERBASI & Pemerintah


Jun 11, 2020

Manajemen IBL telah melakukan pertemuan dengan para manajer klub peserta Kompetisi IBL Pertamax 2020, Rabu 10 Juni. Pertemuan itu diantaranya membahas protokol latihan di masa norma baru akibat pandemi Covid-19. 

"Kami telah menyusun panduan protokol untuk kegiatan tahapan latihan dan sudah kami serahkan kepada PP Perbasi untuk mendapat pandangan dan persetujuan," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah. 

Protokol Latihan tersebut diupayakan dengan secermat mungkin dan berkoordinasi dengan pihak mitra rumah sakit yang memang sudah menjadi mitra kerja IBL. Dan juga memperhatikan referensi dokumen protokol dari FIBA, WHO dan Pemerintah yang pernah diterbitkan sebelumnya.

"Tentunya IBL harus sejalan dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora serta PP Perbasi selaku induk organisasi cabang olah raga bola basket. Jika telah mendapat tanggapan, klub klub boleh melakukan latihan tentu dengan mengacu pada protokol tersebut," paparnya. 

Panduan tersebut mencakup bagaimana pemain menuju tempat latihan, saat persiapan latihan, tahapan dan teknis latihan yang dapat dilakukan, cara berinteraksi hingga pedoman disaat selesai latihan dan kembali ke tempat masing-masing. “Setiap klub juga diminta untuk memonitor ketat kondisi kesehatan pemain termasuk melakukan tes sebelumnya apabila fase latihan sudah dapat dilakukan nantinya" kata Junas.