NSH Mountain Gold Sementara Dipegang oleh Agus Pamungkas Batbual


Nov 01, 2022

NSH Mountain Gold Timika masih belum menunjuk pelatih baru untuk menggantikan Anthony Garbelotto yang pindah ke Bali United Basketball Club. Untuk sementara tim dipegang oleh Agus Pamungkas Batbual, termasuk di IBL Indonesia Cup, di Solo. Dari sisi roster tidak ada perubahan, hanya saja NSH memasukkan beberapa pemain binaannya. 

Sekedar informasi saja, Agus Pamungkas Batbual atau yang akrab disapa Coach Ambong ini merupakan produk asli NSH. Artinya, dia dulu juga berseragam NSH saat masih aktif bermain. Coach Ambong mulai memperkuat NSH sejak tahun 2011. Hingga akhirnya menjadi asisten pelatih setelah pensiun. Jadi bisa dikatakan kalau dia tahu NSH luar-dalam. Sehingga tugas menjadi head coach di IBL Indonesia Cup, yang merupakan turnamen pramusim, sangat cocok diberikan kepadanya. 

Beralih ke sisi roster. NSH tidak mengalami perubahan. Artinya tidak ada pemain baru yang masuk, serta tidak ada yang pindah ke tim lain. Hanya ada pemain yang keluar karena tidak bermain basket, yaitu Emanuel Onawame. Sementara dari jajaran staf pelatih, NSH kehilangan asisten pelatih Antonius Joko Endratmo, yang kini menjadi head coach Tangerang Hawks. 

Kalau melihat komposisi yang ada, NSH masih diperkuat pemain inti seperti Andre Rorimpandey, Jan Misael Panagan, Rizky Agung Pranata, Randika Aprilian, Hengki Infandi, dan pemain senior Ruslan. Rorimpandey musim lalu bisa mencetak 11,2 ppg. Sedangkan Hengky Infandi yang mencetak 6,6 ppg, dinobatkan sebagai Most Improve Player. Sementara Ruslan musim lalu mendapatkan gelar Defensive Player of the Year. 

Secara kekuatan pemain lokal, NSH dirasa sangat mampu untuk bersaing dengan tim-tim papan atas lainnya. Kini tinggal bagaimana Coach Ambong dalam meramu strategi tim. Diharapkan, performa NSH di IBL Indonesia Cup 2022 ini, sama seperti penampilan mereka di musim reguler 2022 lalu. (*)