Nominasi Rookie of The Year 2020 : Tifan Eka Pradita (Bank BPD DIY Bima Perkasa)


Sep 21, 2020

Tifan Eka Pradita merupakan pemain rookie yang diambil dari jalur rekomendasi klub, atau dengan kata lain pemain binaan. Tapi memang Bank BPD DIY Bima Perkasa tak salah menilai pemain ini. Dia sudah membuat penampilan gemilang di musim reguler IBL Pertamax 2020. Menariknya, Tifan merupakan pemain yang tampil 10 pertandingan bersama Bima Perkasa selama musim reguler. Menit bermainnya juga lumayan yaitu sebanyak 16,6 menit per pertandingan. Rasanya, ini cukup banyak bagi seorang pemain rookie.

Tifan yang baru diturunkan pada Seri 2 Bandung memiliki keistimewaan. Berposisi sebagai point guard, dia membuat efisiensi serangan Bima Perkasa membaik. Field goals total Tifan selama bermain juga bagus, dengan 47%. Tetapi dia belum memiliki akurasi tembakan jarak jauh. Selama bermain di musim reguler, Tifan mencetak 5,1 PPG, 2,09 RPG, dan 1,5 APG. Dengan catatan tersebut, Tifan bisa berpeluang menjadi pemain pemula terbaik di liga ini. Keberadaan Tifan semakin terlihat penting ketika Bima Perkasa dilanda krisis pemain.

David Seagers dipulangkan karena tidak sesuai dengan ekspektasi, sementara cedera juga sempat menghampiri Nuke Tri Saputra sebagai pengatur serangan utama. Tifan merupakan pemain kelahiran 5 Juli 1998, yang masih punya jalan panjang di liga profesional Indonesia. Menjadi nominasi Rookie of the Year IBL Pertamax 2020 akan membuat Tifan semakin diwaspadai oleh lawan-lawannya. (*)