News Event

Nominasi IBL Defensive Player of The Year 2024: Brandon Van Dorn Jawato

09 July 2024
|

Kembalinya Brandon Van Dorn Jawato ke Pelita Jaya Jakarta semakin memperdalam roster mereka. Bedanya, Jawato sekarang justru berperan sebagai pemain bertahan. Dengan data-data statistik yang ada, Jawato kini menjadi pemain Pelita Jaya kedua yang masuk nominasi IBL Defensive Player of The Year 2024, setelah M. Reza Fahdani Guntara. 

Jawato musim ini lebih banyak dimainkan dari bangku cadangan. Secara keseluruhan, dia mampu menyelesaikan musim dengan average 6,9 ppg, 3,9 rpg, dan 2,4 apg dalam 18 pertandingan. Namun karena masuk nominasi IBL Defensive Player of The Year 2024, maka penilaiannya akan fokus pada statistik yang berhubungan dengan pertahanan saja. 

Jawato membukukan 3,0 defensive rebound per game, atau hanya selisih sedikit saja dengan Reza Guntara. Kemampuan Jawato dalam steal juga cukup baik, dengan rata-rata 0,8 spg. Tetapi yang perlu dicatat bahwa kehadiran Jawato di lapangan bisa membatasi pergerakan pemain lawan, khususnya mereka yang menyerang dengan kecepatan. Jawato akan mengejar lawannya begitu memasuki paint area. 

Untuk mendapatkan gelar IBL Defensive Player of The Year 2024, pemain harus memenangkan voting yang dilakukan oleh head coach dan media. Selain itu, saingan Jawato adalah rekan setimnya sendiri. (*)

Baca Juga: Nominasi IBL Sixth Man of The Year 2024: Brandon Jawato

0 Comments